Bentang alam yang megah dan sunyi, jajaran pegunungan berselimut awan dan hamparan lembah, itu lah yang mungkin kerap terbayang oleh banyak orang saat mendengar nama negeri Islandia. Negara dengan populasi sekitar 300 ribu jiwa itu memang terkenal dengan pesona wisata alamnya yang beragam, salah satunya ialah wisata geiser.

Geiser adalah sejenis mata air yang menyembur secara periodik, mengeluarkan air panas dan uap air ke udara. Salah satu nama mata air panas yang terkenal adalah Geysir, berlokasi di Haukadalur, bagian barat daya Islandia.

Geysir merupakan mata air geotermal dengan kedalaman mencapai 70-80, terdalam kedua di dunia setelah Steamboat di Amerika Serikat. Geysir terakhir kali aktif pada tahun 2000 dan menyemburkan air setinggi 4-8 meter. Jadi jangan coba-coba mendekat, karena air yang berada di permukaan memiliki suhu 100 derajat celsius. Bahkan, air di dasar Geysir mencapai suhu 250 derajat celsius.

Satu lagi geiser yang enggak boleh dilewatkan di Islandia adalah Stokkur. Mata air ini melakukan erupsi air panas setiap 8-10 menit dengan ketinggian sekitar 15-40 meter. Tinggi sekali, bukan? Stokkur memiliki kedalaman 25-35 meter hingga ke dasar.

Nah, untuk mengunjungi kedua lokasi geiser ini, kamu harus menempuh perjalanan cukup jauh. Yaitu sekitar 100 km atau 1,5 jam berkendara dari ibu kota Reykjavik menuju timur.

Kawasan geiser ini terbuka untuk umum setiap harinya. Tenang, berkunjung ke tempat ini tidak dipungut biaya alias gratis. Di sekitar geiser juga ada sejumlah toko suvenir yang menjual pernak-pernik khas Islandia yang bisa kamu jelajahi selepas melihat fenomena alam Geysir dan Stokkur.

 

NET.CJ VIRA CANIA ARMAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments