Sebuah hotel di Tokyo meminta maaf kepada pelanggannya karena mematikan sambungan internet selama satu menit. Permohonan maaf diketik pada secarik kertas dan dibagikan kepada penghuni satu hari sebelum pemutusan.

Dilansir Grapee Japan, Senin (12/2), permintaan maaf ini jadi sorotan lantaran pemutusan internet dilakukan pada jam 4 dini hari waktu setempat. Waktu di mana sebagian penghuni sedang tidur terlelap. 

Baca Juga:

Oleh sebagian orang, permintaan maaf ini dianggap tidak perlu. Sebagian yang lain menganggap permohonan maaf ini menunjukan pribadi orang Jepang yang profesional dan berdedikasi.

Hotel bernama Palace Hotel itu sontak menjadi buah bibir di kalangan pengguna reddit.com. Palace Hotel merupakan salah satu hotel prestisius yang berdiri di pusat bisnis Kota Tokyo, Maronuchi. Kebanyakan pelanggannya berasal dari kalangan kaya, seperti pejabat negara hingga CEO-CEO terkenal yang sedang berkunjung ke Jepang.

Menjadi tempat menginap orang-orang penting satu menit bisa menjadi sangat berarti. Maka masuk akal jika Palace Hotel khawatir persoalan internet ini bisa menjadi masalah serius apabila tidak dikomunikasikan dengan baik. 

Selain bagian dari pelayanan, langkah ini juga ditujukan untuk menjaga nama baik penginapan.

Sesungguhnya, budaya total dan loyal kepada para konsumen bukanlah hal asing di telinga masyarakat Jepang. Ini adalah wajah asli bagaimana penduduk di negeri samurai berinteraksi dengan orang lain.

Di Jepang, budaya demikian dikenal dengan istilah omotenashi. Selain Palace Hotel, instansi Jepang lainnya kerap mengajukan permohonan maaf atas kesalahan yang mereka perbuat, baik sengaja maupun tidak sengaja. Contohnya keterlambatan kereta api.

Jika sebuah kereta berangkat lebih lambat selama beberapa detik, Tokyo Railway akan menuliskan permohonan maaf pada secarik kertas yang kemudian dibagikan satu per satu ke penumpang.

Kasus paling ekstrem yang pernah tercatat, perusahaan kereta api Jepang meminta maaf pada sejumlah penumpang lantaran berangkat 20 detik lebih cepat.

GRAPEE JAPAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments