Ulah konyol Logan Paul mengunggah video hutan bunuh diri di Jepang berbuntut panjang. Setelah dikecam warganet, kini giliran YouTube yang menghukumnya.

Layanan berbagi video asal California itu membatalkan kontrak Logan di proyek film terbaru YouTube Red, The Thinning: New World Order. Dalam film sekuel dari The Thining itu, Logan seharusnya berperan sebagai aktor utama.

Dilansir Polygon, ditendangnya Logan membuat YouTube menghentikan sementara produksi film tersebut hingga batas waktu yang tidak ditentukan. YouTube juga menghapus Logan dalam keanggotaan Google Preferred. Dengan begitu, YouTube tak lagi mempromosikan kanal YouTube miliknya kepada pengguna secara luas. 

"Kami tidak lagi memasukannya ke dalam daftar YouTuber paling teratas (top tier). Kami juga tak akan melibatkannya di sesi-sesi film selanjutnya hingga waktu yang belum ditentukan," ujar Juru Bicara YouTube kepada Polygon, Kamis (11/01).

Logan menjadi bulan-bulanan warga Jepang setelah mengunggah video jasad korban bunuh diri di Hutan Aokigahara di lereng Gunung Fuji, 31 Desember lalu. Warganet menuduh pria asal Ohio, AS itu bersikap kurang ajar dan tidak menghormati masyarakat Jepang. 

Usai menimbulkan reaksi negatif, Logan langung menghapus videonya dan meminta maaf kepada masyarakat Jepang. Ia mengaku telah membuat kesalahan serius dan tidak berharap untuk dimaafkan.

"Saya seharusnya tidak mengunggah video itu. Seharusnya saya menaruh kamera dan berhenti merekam apa yang kami lalui. Ada banyak hal yang semestinya saya lakukan berbeda, tapi tidak," ujar Logan.

Sebelum Logan, YouTube pernah menghukum YouTuber lain karena ulah tidak terpuji. Hukuman itu diberikan kepada Felix Kjellberg alias PewDiePie yang melontarkan kata-kata rasis dan anti-semit dalam sebuah video yang diunggah pada Februari 2017. Seperti Logan, Kjellberg pun ditendang dari proyek YouTube Red dan dihapus dari program Goolge Preferred.

POLYGON | THE GUARDIAN

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments