Singapore Airlines mengubah beberapa rute penerbangannya menyusul peluncuran rudal antar benua oleh Korea Utara. 

Salah satu yang diubah adalah rute Seoul-Los Angeles. Ini dilakukan setelah Korea Utara menghempaskan rudalnya menyusuri perairan Jepang, 27 Juli lalu.

Baca Juga: Kim Jong Un Tertawa Lepas Menyaksikan Rudalnya Mengudara

Kekacauan itu memicu kritik keras dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO). Mereka mengutuk Korea Utara karena membahayakan penerbangan sipil di sekitar wilayah udara Semenanjung Korea.

Sebagai salah satu anggotanya, ICAO mendesak Korea Utara memberikan informasi mengenai aktivitas militer mereka yang berpotensi membahayakan penerbangan sipil.

Maskapai terbaik di dunia itu bergegas mengubah beberapa rute lain setelah memperoleh informasi awak kabin Cathai Pacific melihat dari dalam pesawat sebuah rudal meledak di perairan Jepang beberapa minggu lalu. Ia melihat kejadian ini saat pesawat bergerak dari Hong Kong menuju San Francisco.

Seperti diketahui, ledakan tersebut berasal dari peluncuran rudal Hwasong-15, Rabu (29/11) lalu. Itu merupakan peluncuran rudal antar benua pertama Korut sejak 15 September. Rudal itu berhasil melaju 4500 kilometer atau 10 kali lebih tinggi dari orbit Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). 

Rudal itu kemudian mendarat di 1000 kilometer sebelah barat lepas pantai Jepang. Dibandingkan dengan dua rudal antar benua yang sebelumnya diluncurkan, rudal  Hwasong-15 adalah yang terkuat.

CHANEL NEWS ASIA | ASIA ONE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments