hero
(CNN)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

17 April 2020, 13:30 WIB

VIETNAM

Seorang pengusaha asal Vietnam telah berhasil menciptakan mesin ATM beras gratis untuk orang-orang yang kehilangan pekerjaan selama krisis lockdown akibat mewabahnya COVID-19. Hoang Tuan Anh adalah pengusaha pencetus ide ini. Awalnya memberikan bantuan kepada beberapa rumah sakit di Ho Chi Minh, sebelum akhirnya beralih pada teknologi ini. 

Mesin ATM beras bisa mengeluarkan 1,5 kg kepada pekerja yang telah menunggu. Kebanyakan yang memanfaatkan bantuan ini adalah para pedagang keliling, pekerja serabutan, pembantu rumah tangga, dan penjual lotre. Media setempat melaporkan jika saat ini ATM beras telah ada di beberapa daerah, seperti Hanoi, Hue, dan Danang. Keberadaan mesin beras ini pun mendapat sambutan luar biasa dari warga setempat.

(Aawsat)

“ATM beras ini sangat membantu. Dengan satu kantong beras, kami dapat bertahan untuk satu hari,” ujar Nguyen Thi Ly ini seperti dikutip dari New York Post pada (17/04/20). 

Ibu dari tiga anak ini menambahkan jika saat ini dirinya tak perlu memikirkan beras sebagai makanan pokok. Hanya butuh beberapa bahan makanan lain. 

“Sekarang kita hanya perlu mencari bahan makanan lain. Tetangga sekitar kami terkadang memberikan makanan lebih atau setidaknya kami masih punya mie siap saji," tambahnya. 

(The World News)

Sejauh ini, Vietnam telah melaporkan 268 kasus COVID-19 dan tidak ada korban yang meninggal dunia. Pemerintah setempat sangat cepat dalam menanggulangi pandemi ini dan menerapkan kebijakan social distancing. Imbas dari kebijakan ini banyak UKM dan pekerja lepas yang kesulitan dalam mencari nafkah. 

DIPTA ADIWIGUNA | NEW YORK POST 

16

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments