hero
(Pixabay)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

17 April 2020, 11:17 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, sebagian besar masyarakat dunia hanya tinggal di rumah dan bepergian jika ada urusan penting. Misalnya untuk membeli bahan makanan pokok ataupun bekerja, seperti pekerja retail, tenaga medis, dan jurnalis. Pembatasan Sosial Berskala Bersar atau PSBB bahkan kemungkinan akan diperpanjang, karena pandemi ini tak kunjung usai. Bahkan Presiden Joko Widodo memprediksi jika COVID-19 masih akan ada hingga akhir tahun nanti. 

Selain mematuhi PSBB, menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga bisa memutus penyebaran virus ini. Terutama kebersihan pakaian yang kita kenakan sehari-hari. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar pakaian yang kita kenakan bersih dari virus Corona. 

Cuci dengan Temperatur Tinggi

(Pixabay)

Jika bahan pakaian tahan terhadap suhu panas, maka bisa dicuci dengan suhu 56 derajat C selama 30 menit. Untuk yang punya pengering di rumah, bisa memasukannya di atas 80 derajat C baru kemudian dikeringkan selama 20 menit. Pilihan lain adalah menncuci pakaian dengan cairan pemutih pada suhu 40 derajat C. Semakin tinggi temperatur dan semakin lama mencuci, semakin kecil peluang virus untuk bertahan hidup.

Cuci Menggunakan Cairan Disinfektan

(Pixabay)

Jika bahan pakaiannya tidak tahan panas tinggi, bisa direndam menggunakan bahan kimia disinfektan. Disinfektan yang bisa diguanakan cairan fenol, amonium kuartener, atau klorin. Tetapi, baca instruksi dengan seksama sebelum menggunakannya. Selain pakaian, jangan lupa gunakan disinfektan pada jaket dan sepatu. Untuk sepatu, rendam selama beberapa hari dalam deterjen atau memutihkan sepatu jika berwarna putih.

Cuci Linen Rumah Tangga Terpisah dari Handuk dan Pakaian Secara Terpisah

(Pixabay)

 

Pisahkan pakaian dalam rumah dan pakaian untuk keluar rumah. Jangan lupa untuk mencuci pakaian dan handuk secara terpisah dari lap kain, keset, dan gorden. Kuman berpotensi bertahan pada handuk sedikit lebih lama karena jenis bahannya mampu mempertahankan kelembapan lebih banyak. Handuk harus dicuci pada suhu tinggi 60 derajat C dan menggunakan cairan pemutih untuk handuk berwarna putih atau menggunakan jenis disinfektan lain.

ADITYA MUSTAQIM | ASIAN ONE 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments