hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

16 April 2020, 12:59 WIB

NEPAL

Buat para penggemar keju pernah enggak terlintas dipikiran kalau ada keju terkeras di dunia? Nah, di Nepal ada keju keras namanya Chhurpi atau Durkha. Saking kerasnya, keju tradisional ini bentuknya mirip permen karet yang bisa dikunyah hingga dua jam.  

Chhurpi terbuat dari susu sapi. Biasanya Chhurpi tersedia dalam dua jenis yaitu lunak dan keras. Jenis yang lunak biasanya dikonsumsi sebagai lauk yang dimakan dengan nasi, atau digunakan sebagai isi pangsit dan sup. Sementara yang keras inilah yang paling terkenal. 

Chhurpi lunak dibuat dengan memanaskan susu hingga 76 derajat Fahrenheit, lalu dipisahkan antara susu dan mentega. Kemudian dimasak hingga mendidih untuk menurunkan kadar air. 

Saat sudah keras, lalu dibungkus dan digantung dalam kain tipis untuk mengalirkan lebih banyak kandungan air. Untuk jenis yang keras, Chhurpi yang masih lunak dibungkus dengan karung goni dan ditekan untuk menghilangkan sisa air.  Kemudian, blok tersebut dipotong menjadi potongan-potongan kecil yang digantung di luar ruangan agar semakin mengeras.

Biasanya Chhurpi keras dikonsumsi seperti permen, perlaman akan melunak di dalam mulut. Meskipun berada di dalam mulut dalam waktu yang cukup lama, yang menakjubkan adalah keju ini bisa mempertahankan rasanya. Berbeda dengan permen karet, semakin lama kita kunyah maka rasanya akan hilang. 

Kandungan protein dalam keju ini sangat tinggi sehingga jadi salah satu makanan andalan masyarakat Nepal di lingkungan pegunungan selama berabad-abad. Kamu bisa menemukannya di hampir setiap pasar kecil dengan harga yang sangat terjangkau yaitu sekitar 5 sen per blok.

ESTHER CRAMER | ODDITY CENTRAL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments