hero
(YouTube/Kusina Chef)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

14 April 2020, 11:55 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Bicara yang viral di jejaring sosial belakangan ini, salah satunya adalah Dalgona Coffee. Tidak hanya enak, pembuatan krim kopi yang seru juga mampu membunuh waktu di kala bosan saat di rumah saja sembari work from home. Enggak hanya di Indonesia, minuman berupa latte dengan tekstur yang kental ini juga sedang tren di tempat asalnya Korea Selatan.

Dinamakan Dalgona, karena bentuk krim kopi yang serupa dengan adonan Dalgona Toffee, atau permen khas Negeri Gingseng. Tapi, pernah enggak terbayang berapa besaran kalori dalam segelas Dalgona Coffee? Ahli nutrisi, Hans Christian dalam akun Instagramnya @hansboling menyebut dalam satu gelas minuman kekinian ini, terdapat 306 kalori loh. Dilengkapi dengan 52,77 karbohidrat, 33,85 gula, 9,25 protein, dan 7,05 gram lemak. 

Jumlah ini ia dapatkan dari hitung-hitungan kalori pada setiap bahannya yaitu dua sendok makan kopi instan memiliki 88 kalori, lalu dua sendok makan gula sebesar 96 kalori, dan 200ml susu segar sebesar 122 kalori.

“Kopi memang memiliki nilai kalori yang kecil, nyaris nol. Biasanya kita kalau bikin kopi kan sekitar 1 sendok teh pakainya, setara 3 sampai 4 gram. Itu memang nilai kalorinya kecil. Namun untuk resep Dalgona Coffee ini, rata-rata menggunakan bubuk kopi instan dari 1 sendok makan hingga 2 sendok makan. Otomatis yang tadinya kita gunakan 1 sendok teh, menjadi 2 sendok makan itu berkali-kali lipat jumlah kalorinya meningkat. Ditambah lagi dengan gula pasir yang sapai 2 sendok makan, dan juga susu yang digunakan. Akhirnya, nilai kalori dari Dalgona Coffee ini juga jadi cukup tinggi,” kata Hans.

Hans pun memberikan tips agar kita tetap bisa menikmati Dalgona Coffee tanpa perlu pusing dengan kandungan kalori serta nutrisnya. Caranya, adalah dengan mengurangi takaran dan mengganti bahan-bahan yang digunakan seperti, pemanis serta susu yang lebih rendah kalori.

Resep rendah kalori tak mengurangi kenikmatan es kopi yang satu ini loh. Bisa diaplikasikan selama melakukan social and physical distancing. Karena dengan di rumah saja, kita juga tidak lantas abai dengan asupan tubuh. Selamat mencoba!

LIA ASTRIA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments