hero
Ilustrasi pekerja medis. (ANTARA FOTO)

EDITOR : OCTOBRYAN

9 April 2020, 18:40 WIB

INDONESIA

Sebanyak 85 pasien terjangkit virus Corona (Covid-19) yang menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Bhayangkara Brimob, Depok berangsur-angsur membaik. Dua diantaranya bahkan telah diijinkan pulang Rabu, (8/4/2020). 

Belakangan diketahui, keduanya ternyata adalah pejabat negara. Mereka yakni, Wakil Ketua Ombudsman RI, Lely Pelitasari Soebekty dan anggotanya, Ninik Rahayu. Lalu seperti apa kronologi yang dialami keduanya hingga berhasil pulih dari infeksi virus berbahaya itu. Pada awak media, Lely mengaku dirinya tidak tahu secara persis bagaimana ia bisa tertular.  

RS Bhayangkara Brimob, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok. (Dok Polri)

“Saya tidak bisa mengetahui persis penyebab saya terkena virus Corona, tapi kalau dihitung mundur 14 hari sebelum saya dinyatakan positif, saya sempat melakukan perjalan ke daerah satu kali, kunjungan ke rumah sakit-rumah sakit sebanyak tujuh kali dan satu kali rapat dengan orang yang baru pulang dari luar negeri,” ujar Lely melalui pesan singkat kepada NET.Z, Kamis, (9/4/2020).

Lely melanjutkan, setelah dinyatakan positif ia sempat melakukan isolasi mandiri sebelum akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Bhayangkara Brimob, Depok. Selama di rumah sakit, ia mengaku mengikuti petunjuk tim  medis untuk proses penyembuhan Covid-19. 

Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Depok AKBP Taufik (kiri) dan Wakil Ketua Ombudsman RI, Lely Pelitasari Soebekty (kanan). (Dok. Polri)

“Saya gunakan untuk aktivitas rutin harian saya, seakan akan tidak seperti di rumah sakit, kecuali yang membedakan adalah ada kunjungan dokter,” ujarnya. 

Selama 14 hari dirawat di sana, kata Lely, dirinya bukan cuma dikasih obat, tapi juga mendapat perhatian dan dukungan yang luar biasa dari para tenaga medis. Kondisi itu membuat dirinya merasa seperti di rumah sendiri. 

“Kami diperlakukan layaknya kami di rumah, bisa melakukan olahraga. Dalam sehari kami meluangkan dua jam, antara pukul 6.30 dan pukul 15.30 selalu olahraga untuk waktu masing-masing satu jam.” tuturnya.

Ketua Ombudsman Amzulian Rifai (keempat kiri) didampingi Wakil Ketua Lely Pelitasari Soebekty (kiri) menyerahkan buku laporan tahunan Ombudsman kepada Ketua KPU Arief Budiman (keempat kanan),(ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/pd.)

Kemudian, selama menjalani isolasi, Lely dan Ninik juga masih bisa melakukan aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan. Lely mengaku, sejumlah petugas medis yang menangani dirinya adalah orang-orang yang memiliki hati besar dan tulus

“Kami melakukan kegiatan keagamaan dan kami melakukan teknis koordinasi dengan kantor kami lakukan. Kami termasuk yang rewel dan itu mereka cukup telaten,” tuturnya" jelasnya.

(BACA JUGA: Bill Gates Gelontorkan Miliaran Dollar Bangun 7 Pabrik Pengembangan Vaksin COVID-19)

Ia kembali menegaskan, ruang isolasi rumah sakit tidak seperti seseram yang dibayangkan kebanyakan orang. Lely berpesan agar pasien yang masih mendapat perawatan di rumah sakit agar tetap semangat.

“Insya Allah dengan ridho-Nya, dengan bantuan para medis, kita sembuh. Semoga virus ini segera diselesaikan dengan cepat dengan kebersamaan patuh pada menjaga jarak isolasi di rumah.” tukasnya.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments