hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

8 April 2020, 18:53 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

WhatsApp membatasi para penggunanya untuk meneruskan atau forward hanya satu kali sejak Selasa (07/04/20). Pembatasan ini dilakukan karena selama wabah COVID-19 ada banyak pesan yang miskomunikasi dan jumlahnya meningkat tajam. 

"Kami percaya pentingnya memperlambat penyebaran pesan-pesan seperti itu. Untuk menjaga agar WhatsApp tetap menjadi tempat untuk percakapan pribadi," ujar WhatsApp  dlam keterangan pribadinya seperti dikutip dari Asia One pada (08/04/20).

(PIXABAY)

Pembatasan ini dilakukan tanpa batas waktu. Layanan ini sebernarnya telah dibatasai secara bertahap sejak tahun 2018, setelah desas-desus viral tentang platform-nya memicu terjadinya pemukulan massal dan kematian di India.

Seperti diketahui, aplikasi perpesanan WhatsApp mulai memperkenalkan tanda khusus bagi pesan forward yang diteruskan berkali-kali kepada pengguna sejak tahun lalu. Pesan forward sendiri ditandai dengan ikon "panah ganda" untuk menunjukkan pesan tersebut tidak berasal dari kontak terdekat pengguna. 

WhatsApp beberapa minggu lalu juga telah meluncurkan chatbot terkait COVID-19o yang bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Chatbot tersebut ditujukan untuk menjawab pertanyaan masyarakat seputar COVID-19.

ESTHER CRAMER | ASIA ONE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments