hero
Anies Baswedan (kiri) dan Ahmad Riza Patria (kanan). (@Instagram Ahmad Riza Patria)

EDITOR : OCTOBRYAN

6 April 2020, 16:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Politisi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria resmi menduduki kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Pemilihan ini dilangsungkan dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Senin, (6/4/2020). Riza Patria akan mendampingi Gubernur DKI Anies Baswedan dalam sisa masa jabatannya hingga 2022.
 
Berdasarkan hasil pemilihan, Riza mengantongi 81 suara, sementara rivalnya, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansjah Lubis, memperoleh 17 suara. Dua suara dinyatakan tidak sah.

Hasil rapat paripurna DPRD DKI Jakarta untuk pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta. (Youtube Pemprov DKI Jakarta)

"Berdasarkan hasil pemilihan, ditetapkan Saudara Ahmad Riza Patria menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih sisa masa jabatan 2017-2022," ujar Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi yang memimpin rapat paripurna.

Menanggapi terpilihnya Riza sebagai Wagub DKI Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun memberikan ucapan selamat. Meski demikian, Anies belum mengetahui kapan waktu pelantikan Wagub DKI Jakarta terpilih, Ahmad Riza Patria. 

Suasana rapat paripurna DPRD DKI Jakarta untuk pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta. (Youtube Pemprov DKI Jakarta)

“Saya mengucapkan selamat dan Insha Allah kita bisa kerjasama dengan baik. Jadi berdasarkan PP Nomor 12 /2018 nanti proses ini dilanjutkan dengan pengusulan kepada Presiden melalui Mendagri sesudah itu pelantikan,” ujar Anies saat ditemui usai rapat paripurna usai.

Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis adalah dua nama baru yang diajukan oleh Partai Gerindra dan PKS sebagai cawagub DKI Jakarta, menggantikan Sandiaga Uno, yang mundur dari Jabatannya pada 27 Agustus 2018 lalu. 

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria (kiri) dan Cawagub DKI Jakarta dari PKS, Nurmansjah Lubis (kanan) menjadi pembicara dalam acara "Ngobrol Bareng Cawagub DKI" di Jakarta, Jumat (6/3/2020).. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Nama Riza dan Nurmansjah diajukan menggantikan dua cawagub sebelumnya, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Hanya saja, dua nama tersebut tak kunjung diproses oleh DPRD DKI Jakarta. Padahal, dua nama itu telah diserahkan ke DPRD pada Maret 2019. 

Sosok Riza Patria bukan wajah baru di kancah politik DKI. Pria kelahiran Banjarmasin, Kalimantan Selatan itu pernah mengikuti Pilkada DKI Jakarta 2012 sebagai cawagub DKI, mendampingi calon gubernur Hendardji Soepandji.

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria menjadi pembicara dalam acara "Ngobrol Bareng Cawagub DKI" di Jakarta, Jumat (6/3/2020). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Dia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat V pada 2014. Pria kelahiran 17 Desember 1969 itu juga pernah menjadi Ketua DPD KNPI DKI Jakarta pada 1999-2002 dan 2002-2005.

Ahmad Riza terpilih kembali menjadi anggota DPR RI 2019-2024 dari Fraksi Gerindra sebelum akhirnya mengundurkan diri karena maju menjadi calon Wagub DKI Jakarta.

ALGADRI MUHAMMAD

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments