hero
Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Kepala BNPB Doni Monardo (kanan) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat peninjauan Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Pulau Galang, Batam, Kep

EDITOR : OCTOBRYAN

3 April 2020, 15:30 WIB

INDONESIA

Pemerintah Indonesia memastikan bahwa kesiapan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Pulau Galang telah mencapai 96 persen. Menurut Laporan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono, RS tersebut akan siap beroperasi pada Senin (6/4/2020) pekan depan, sebagaimana atas arahan Presiden Joko Widodo dalam peninjauannya pada Rabu (1/4) lalu.

“Kesiapannya mencapai 96 persen. Diharapkan tanggal 6 April 2020 sudah siap” ungkap Yudo dalam keterangannya di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono memberikan keterangan pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Jumat (3/4/2020). 

Menurut laporan, RS Pulau Galang yang merupakan gabungan renovasi dari eks penampungan pengungsi Vietnam dan bangunan baru tersebut akan memiliki gedung observasi yang dapat menampung 200 tempat tidur dan gedung observasi 1 menampung 50 tempat tidur. Kemudian ada beberapa gedung lainnya yang memiliki total daya tampung hingga 460 pasien.

Sebagai mobilisasi, RS ini juga dilengkapi fasilitas Helipad untuk darurat melalui udara dan dermaga yang mendukung kesiapan pelayanan pasien dan lainnya melalui jalur laut. Sedangkan jarak RS dari Kota Batam adalah kurang lebih 30 menit perjalanan melalui darat.
 

Personel TNI AU dengan alat berat menurunkan alat kesehatan (alkes) dari pesawat Hercules C-130 untuk RS Khusus Corona (COVID-19) Pulau Galang, di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (26/3/2020). Sejumlah alkes yang diangkut pesawat Hercules C-130 TNI AU dari Bandara Halim Perdana Kusuma  tiba di Batam dan langsung dibawa menuju   RS Khusus Corona (COVID-19) di Pulau Galang. (ANTARA FOTO/M N Kanwa)

Kemudian untuk penggunaannya, RS Pulau Galang akan digunakan bagi pasien dengan kategori ringan dan sedang khususnya bagi para migran dari luar negeri. RS Pulau Galang juga dapat digunakan untuk masyarakat apabila layanan kesehatan atau RS lainnya di wilayah mereka tidak mampu menampung pasien.

“Saat ini sudah dilaksanakan persiapan-persiapan untuk merekrut dari personil-personil dari TNI, Polri, maupun dari sukarelawan, yang saat ini sudah berjumlah 77 orang yang sudah siap,” imbuh Yudo.

Foto aerial progres pembangunan rumah sakit khusus Corona (COVID-19) di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (25/3/2020). Progres pembangunan rumah sakit Khusus Corona (COVID-19) secara keseluruhan telah mencapai 78 persen dan ditargetkan selesai dan siap untuk digunakan akhir bulan Maret 2020. (ANTARA FOTO/Bobby)

Kemudian untuk penunjang sarana dan prasarana, termasuk alat kesehatan, peralatan medis dan lainnya, TNI telah memobilisasi kebutuhan tersebut melalui Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, maupun dari BNPB.

Sementara itu, terkait migran dari Malaysia yang hendak kembali ke Indonesia, Yudo menegaskan bahwa pihaknya telah mengkoordinir pelaksanaan pemulangan melalui Kemenko Maritim.

(BACA JUGASatu Harapan Jokowi Soal Visi dan Strategi Tangani Covid-19 di Indonesia)

Yudo melanjutkan, TNI Angkatan Laut akan menggerakkan beberapa KRI yang saat ini sudah dalam posisi standby di perairan Batam. Apabila terdapat personel migran yang positif covid-19 maka mereka akan ditampung di RS Pulau Galang.

“Sudah ada KRI yang standby di Batam, jadi sewaktu-waktu digunakan untuk mengangkut personel, khususnya Jawa, sudah siap semuanya di Batam,” pungkasnya.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments