hero
(USFeed)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

1 April 2020, 16:48 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Virus Covid-19 muncul di berbagai negara dan hingga kini belum ada obat yang bisa menyembuhkan. Sayangnya, banyak beredar tips-tips kesehatan yang diklaim bisa terhindar dari Corona ketika mengkonsumsi atau menggunakannya. Padahal, berbagai bahan makanan tersebut sebenarnya tidak berguna bahkan benar-benar berbahaya. Apa saja bahan-bahan tersebut? Berikut ulasannya: 

Bawang Putih

Banyak postingan yang dibagikan di Facebook merekomendasikan makan bawang putih untuk mencegah infeksi. WHO (World Health Organization) mengatakan bahwa meskipun makanan sehat mungkin memiliki beberapa sifat antimikroba, tidak ada bukti bahwa makan bawang putih bisa melindungi orang dari Covid-19.

Dalam banyak kasus, mengkonsumsi makanan ini tidak berbahaya tapi jika tidak mengikuti saran medis justru berbahaya. The South China Morning Post melaporkan sebuah kisah tentang seorang wanita yang harus mendapatkan perawatan di rumah sakit karena tenggorokan yang meradang setelah mengkonsumsi 1,5 kg bawang putih mentah. 

(ANTARA FOTO)

Cairan Pembersih Tangan Buatan Sendiri

Ada banyak laporan tentang kekurangan hand sanitiser, karena mencuci tangan adalah salah satu cara utama untuk mencegah penyebaran virus. Tapi menggunakan hand sanitizer diklaim bisa membunuh virus meskipun tidak 100 persen. 

Karena langka, banyak orang yang mencoba membuat hand sanitizer sendiri meskipun takarannya belum tentu benar. Profesor Sally Bloomfield, di London School of Hygiene dan Tropical Medicine, Inggris mengatakan dia tidak percaya orang bisa membuat produk untuk membersihkan tangan di rumah, bahkan vodka hanya mengandung 40% alkohol.

Minum Air Setiap 15 Menit

Satu postingan, disalin dan dibagikan oleh beberapa akun Facebook, mengutip "dokter Jepang" yang merekomendasikan minum air setiap 15 menit untuk membasmi virus yang mungkin masuk ke mulut. Versi dalam bahasa Arab telah dibagikan lebih dari 250.000 kali. Profesor Trudie Lang di University of Oxford mengatakan tidak ada mekanisme biologis yang mendukung gagasan bahwa orang bisa membersihkan virus dari pernapasan ke dalam perut dan membunuhnya. 

Infeksi seperti virus Corona masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan ketika orang menarik nafas. Beberapa di antaranya mungkin masuk ke mulut, tapi bahkan minum air terus-menerus tidak akan mencegah orang terkena virus. Meski demikian, minum air yang cukup dan menjaga tubuh tetap terhidrasi umumnya merupakan nasihat medis yang baik.

Panaskan Tubuh dan Hindari Es Krim 

Ada banyak variasi saran yang menyatakan panas bisa membunuh virus dari merekomendasikan minum air panas, mandi air panas, hingga menggunakan pengering rambut. Sebuah postingan disalin dan dibagikan oleh puluhan pengguna media sosial di berbagai negara dan secara keliru mengklaim bahwa minum air panas dan terkena paparan sinar matahari akan membunuh virus, dan menghindari es krim. 

Charlotte Gornitzka, staf dari UNICEF mengatakan jika virus flu tidak bertahan dengan baik di luar tubuh selama musim panas, tetapi belum tahu apakah panas berdampak pada virus Corona. 

ESTHER CRAMER | BBC 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments