hero
(ISTIMEWA)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

1 April 2020, 13:15 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Di tengah meluasnya wabah Covid-19, berbagai cara dilakukan agar terhindar dari virus ter sebut. Salah satunya adalah menggunakan cairan disinfektan yang marak disemprotkan di jalan raya, area perumahan, sampai membuat bilik steril.

Tapi, di balik itu semua, WHO Indonesia memperingatkan kita untuk tidak menyemprotkan cairan disinfektan atau memakainya langsung ke tubuh. Penyemprotan disinfektan secara langsung ke tubuh tidak membunuh virus baru. Peringatan ini diunggah di akun Instagram @whoindonesia pada (29/03/2020).

“Apakah menyemprot tubuh dengan alkohol atau klorin dapat membunuh coronavirus baru? Tidak. Meyemprot alkohol atau klorin pada tubuh seseorang tidak akan membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh," tulisnya.

Lebih lanjut, penyemprotan disinfektan membahayakan kesehatan tubuh, karena beberapa kandungan dalam cairan tersebut memiliki risiko bagi kesehatan kita. Untuk itu dihimbau agar menggunakan bahan-bahan kimia tersebut sesuai dengan ajuran. 

Menyemprot bahan-bahan kimia seperti itu dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir (contoh: mata, mulut). Ingat, alkohol dan klorin bisa berguna sebagai disinfektan pada permukaan, namun harus digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaannya. STOP. Jangan menyemprot disinfektan ke badan seseorang, karena hal ini dapat membahayakan," tulisnya. 

Kita boleh waspada dengan mencari berbagai cara untuk melindungi diri dari Covid-19, tapi pastikan cara yang kita gunakan sudah sesuai dengan kegunaannya dan lebih bijak lagi dalam membaca informasi yang tersebar di media sosial.

ESTHER CRAMER 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments