hero
(Pixabay)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

19 Maret 2020, 10:46 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)  telah menyatakan virus Corona atau yang punya nama resmi COVID-19 sebagai pandemi. Artinya, Corona menjadi peristiwa penting. Di kalangan masyarakat sendiri, sering salah arti antara wabah, epidemi, dan pandemi. Ketiga kata tersebut bahkan kerap tidak tepat penggunaannya. Lalu apa perbedaan dari ketiga kata tersebut? Berikut ulasannya: 

 

Wabah (Outbreak)

 

Wabah adalah terjadinya suatu penyakit yang menyebar pada masyarakat dan jumlahnya tidak biasa. Biasanya belum begitu banyak tetapi melebihi jumlah kasus yang diharapkan. Misalnya lonjakan yang tidak biasa pada jumlah anak yang mengalami diare di tempat penitipan anak. Satu atau dua anak yang sakit mungkin normal dalam minggu biasa, tetapi jika 15 anak di tempat penitipan anak menderita diare sekaligus, itu adalah wabah.

(ANTARA FOTO)

Epidemi (Epidemic)

 

Epidemi adalah wabah di wilayah geografis yang lebih luas. Ketika orang-orang di sejumlah tempat di luar Wuhan mulai menguji positif untuk infeksi SARS-CoV-2 (yang menyebabkan penyakit yang dikenal sebagai Covid-19), para ahli epidemiologi tahu bahwa wabah itu menyebar lebih luas.

 

Ini tidak terduga, mengingat belum ada pengobatan atau vaksin yang tersedia. Tetapi kasus Covid-19 yang tersebar luas di seluruh China berarti bahwa wabah Wuhan telah berkembang menjadi epidemi.

 

Pandemi (Pandemic)

 

Dalam pengertian yang paling klasik, begitu suatu epidemi menyebar ke banyak negara atau wilayah di dunia, ia dianggap sebagai pandemi. Namun, beberapa ahli epidemiologi mengklasifikasikan situasi sebagai pandemi hanya setelah penyakit ini bertahan di beberapa daerah yang baru terkena melalui transmisi lokal.

 

Sebagai ilustrasi, seorang pelancong yang sakit dengan Covid-19 yang kembali ke Amerika Serikat dari China tidak membuat pandemi, tetapi begitu mereka menginfeksi beberapa anggota keluarga atau teman, ada beberapa perdebatan. Jika wabah lokal baru terjadi, ahli epidemiologi akan setuju bahwa upaya untuk mengendalikan penyebaran global telah gagal dan merujuk pada situasi yang muncul sebagai pandemi.

 

Pandemi adalah tingkat darurat kesehatan global tertinggi dan menandakan wabah luas yang melanda berbagai wilayah di dunia. 

 

ESTHER CRAMER | TODAY.TAMU.EDU

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments