hero
(FACEBOOK/Noviana Kusumawardhani)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

19 Maret 2020, 15:21 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Di tengah maraknya wabah virus Covid-19, muncul satu nama yang menjadi perhatian publik belakangan ini, yakni dr Handoko Gunawan. Ia disebut-sebut sebagai pahlawan dalam memerangi virus Covid-19 ini. Dr Handoko Gunawan merupakan dokter spesialis paru-paru berusia 80 tahun yang tidak gentar berhadapan dengan Corona.

 

Kisah dr Handoko pertama kali diunggah melalui media sosial, tepatnya lewat akun Facebook Noviana Kusumawardhani. Postingan tersebut kemudian viral dan bajir ucapan dukungan kepada dr Handoko. 

 

“Boleh tolong bantu juga doakan salah satu dokter yang handle covid dokter Gunawan ahli paru di Graha Kedoya usia sdh mendekati 80. Saat ini beliau terus kerja sampai jam 3 pagi karena dokter yg muda banyak yg takut," tulis Noviana. 

 

Berdasarkan penuturan Noviana, keluarga dr Handoko telah melarang untuk ikut terjun menangani virus Corona. Namun sang dokter tetap ingin berjuang, meskipun nyawa taruhannya. Dr Handoko sehari-hari bertugas di RS Graha Kedoya. 

 

Hingga 19/03/2020, postingan ini disukai oleh 12.000 pengguna akun Facebook dan menuai komentar dari netizen yang turut mendoakan kesehatan sang dokter. Menurut informasi yang beredar, dr Handoko Gunawan dikabarkan masuk ruang ICU karena mengalami sesak napas. 

 

Sementara itu di media sosial Twitter, netizen juga turut bersimpati dan mendoakan kesehatan sang dokter, lewat cuitan dan tagar #dokterhandokogunawan. Salah satunya adalah artis Kirana Larasati lewat akun @_kiranalara yang juga menuliskan cuitan untuk kesehatan sang dokter.

 

“Mari kita doakan lebih kuat lagi #dokterhandokogunawan.” 

 

Cuitan ini diikuti dengan foto dokter Handoko yang tengah terbaring di ranjang dengan pesan: 

 

“dr Handoko sekarang sdh di ICU. Sesak nafas. Pls pray for him.”

 

“A very dedicated dokter, sejak WKSnya dia di Kalomantan, Naik sampan mengunjungi desa2 di sepanjang sungai. Bayarannya sayur dan buah2an. Kadang2 saja ada penduduk yg berikan ayam.”

 

ESTHER CRAMER 

7

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments