hero
(Wikimedia Common)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

12 Maret 2020, 16:55 WIB

TASIKMALAYA, INDONESIA

Kalau ke Tasikmalaya, Jawa Barat, enggak melulu harus pergi ke curug atau pantai, karena kamu juga bisa coba berwisata ke Kampung Naga. Tempatnya yang masih otentik dan menawarkan pemandangan hijau dijamin bikin kamu betah berada di sini. Sesaat sebelum masuk kampung ini, kamu wajib lapor kepada petugas di pos selamat datang.

Sesampainya di kampung ini, kamu akan disuguhkan alunan musik karinding yang terdengar merdu berpadu dengan irama tabuhan celempung. Segarnya udara persawahan semakin menambah tenang suasana kampung yang berada di Desa Neglasari, Salawu ini.

Saat berkunjung, mata kamu akan dimanjakan dengan deretan rumah tradisional yang berjajar rapi di lembah hijau. Cocok buat kamu yang mencari suasana tenang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Kampung ini dihuni oleh sekelompok masyarakat yang masih kuat memegang adat istiadat peninggalan leluhur, yakni adat Sunda.

Hingga kini penduduk kampung menolak modernisasi seperti kehadiran listrik, gas dan alat elektronik modern. Alasannya karena tidak ingin menimbulkan kesenjangan sosial dan menggerus kebudayaan warisan leluhur. Sehingga kamu akan melihat kehidupan masyarakat disini yang natural.

Saat ke sini kamu akan melihat rumah para penduduknya yang dibuat seragam dari segi ukuran maupun modelnya. Dinding rumah yang terbuat dari kayu dan bambu beratapkan ijuk dan ilalang, semakin menambah kekhasan kampung ini. Di sini pasokan air bersih sangat melimpah karena jauh dari limbah dan polusi.

Untuk ke sini, kamu bisa menggunakan akses di antara jalan utama Garut dan Tasikmalaya. Kalau dari kota Tasikmalaya berjarak sekitar 30 km, sedangkan dari Kota Garut berjarak sekitar 26 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

ESTHER CRAMER | NET.CJ SEPTIAN EKO WAHYUDI

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments