hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

12 Maret 2020, 10:37 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pilot, arsitek, atau polisi itu mungkin jadi sederet cita-cita yang kerap dilontarkan semasa kecil dulu. Tetap di era serba teknologi ini ada beberapa profesi yang muncul dan sebelumnya tidak pernah terpikirkan sama sekali. Selain menyenangkan, pekerjaan-pekerjaan ini juga menghasilkan uang yang enggak sedikit. Kira-kira apa saja profesi itu? Berikut ulasannya:

1. Youtuber

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Namo Awak ZUL! #SemuaBisaJadiPahlawan #AshiapMan2020

Sebuah kiriman dibagikan oleh Atta Halilintar (@attahalilintar) pada

Profesi sebagai pembuat konten dan diunggah ke platform YouTube menjadi primadona banyak orang. Mereka dibayar sesuai dengan jumlah penonton dan berapa banyak yang ngeklik iklan dari video tersebut. Atta Halilintar, salah salah satu contohnya. Youtuber pertama di Asia Tenggara yang mencapai 10 juta subscribers pada tahun 2019 dan sekarang mencapai 21 juta pengikut. Atta punya penghasilan lebih dari Rp 20 miliar setiap bulan dari iklan dan penjualan barang dagangan. Dan ini menunjukkan kekuatan sesungguhnya dari teknologi internet. Sementara penghasilan rata-rata youtuber lainnya bisa mencapai Rp27 juta hingga Rp20 miliar per bulan.  

 

2. Pemain Esport

Pemain e-sports adalah gamer profesional yang ikut turnamen e-sports yang dilakukan di kafe cyber, bahkan stadion. Para pemain ini sering berkompetisi dalam grup dengan rekan satu tim lainnya. Kompetisi e-sports ini diadakan di seluruh dunia selama berbulan-bulan per musim dan para gamer profesional top di industri ini dikenal membawa pulang penghasilan senilai jutaan dolar.

Salah satu pemain e-sports dengan bayaran tertinggi di Asia Tenggara adalah Jianwei Yap asal Malaysia, pemain DoTA yang juga dikenal sebagai xNova dalam industri game. Jianwei dilaporkan telah mengantongi lebih dari $1 juta USD atau Rp14 miliar pada tahun 2018 saja, sebagai hasil dari memenangkan berbagai turnamen e-sports bergengsi. Biasanya penghasilan pemain e-sport berkisar Rp10 juta hingga Rp500 juta per bulan.

 

3. Pengembang Aplikasi Seluler

(World of Buzz)

Pengembang aplikasi seluler mengkhususkan diri dalam pengembangan perangkat lunak & aplikasi seluler menggunakan bahasa pemrograman. Mereka juga bertugas memelihara aplikasi untuk memastikan aplikasi berjalan dengan baik di ponsel pengguna. Zaman sekarang kita sangat mengandalkan smartphone untuk melakukan hampir setiap rutinitas harian, dengan berbagai aplikasi yang tersedia di ponsel.

Karena itu, perusahaan pengembang aplikasi seluler tumbuh seperti jamur di seluruh Asia Tenggara. Kalau kamu pernah memikirkan ide jenius untuk suatu aplikasi, mungkin itu bukan ide yang buruk untuk mengembangkannya, mengingat banyak kisah pengembang yang jadi jutawan yang pernah kita dengar sebelumnya. Penghasilan bulanan mencapai Rp83 juta hingga Rp114 juta.  

4. Influencer

Influencer media sosial pada dasarnya adalah individu dengan banyak pengikut di media sosial. Biasanya influencer punya lebih dari 10.000 pengikut pada akun media sosial dan opini sang influencer mampu mempengaruhi para pengikutnya. Inilah sebabnya mengapa mereka sering mempromosikan produk dalam konten mereka.

Influencer jadi pekerjaan yang punya permintaan sangat tinggi di antara produk besar dan mereka biasanya bisa ditemukan di Instagram di mana mereka akan melakukan posting khusus untuk mempromosikan merek tertentu.

Di Singapura, influencer Instagram teratas dengan ratusan ribu pengikut bisa menghasilkan mulai dari Rp10 juta sampai Rp60 juta per postingan. Bayangkan berapa banyak yang akan mereka hasilkan jika mereka memposting sekali saja setiap hari? Faktanya, pemasaran influencer tumbuh pesat sehingga mereka jadi pengganti cara pemasaran tradisional.

ESTHER CRAMER | WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments