hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

11 Maret 2020, 14:45 WIB

BATU, INDONESIA

Sontoloyo, sepenggal kata yang seringkali dipandang negatif oleh banyak orang karena kerap diucapkan saat seseorang merasa kesal. Tapi kesan negatif itu enggak berlaku ketika mengunjungi Kopi Sontoloyo. Pemiliknya menyebut kata ‘sontoloyo’ sebagai julukan bagi pengembala ternak itik.

Kedai satu ini jadi buah bibir di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Batu, Jawa Timur. Berlokasi di Desa Bulukerto, Bumiaji, kedai yang terletak di bukit lereng Gunung Arjuno ini punya nuansa alam indah dipadu dengan unsur etnik Jawa yang ada di area kedai.

(NET.CJ Hasan Syamsuri)

Nuansa klasik itu terlihat dari aneka barang antik di ruangan joglo. Kursi dan perabotan yang ada juga menambah kesan retro, jadi ciri khas dari tempat ini. Selain interior dan ornamen yang unik, pengunjung bisa nongkrong santai sambil menikmati udara sejuk pegunungan serta pemandangan alam Kota Batu dari atas ketinggian.

Kedai ini diapit oleh perkebunan di sisi kiri dan kanan, ada kebun apel di sebelah kiri dan ada tanaman pertanian lainnya seperti jagung. Enggak heran kalau pengunjung yang mampir kesini betah berlama-lama, sambil mengabadikan momen dengan berfoto.

(NET.CJ Hasan Syamsuri)

Kalau ke sini kamu bisa memilih aneka menu yang ditawarkan. Mulai dari cemilan hingga makan berat. Sesuai konsep kedai ini, semua jenis makanan dan minuman dibuat dengan nuansa khas Jawa sehingga kental dengan tradisi masa lampau.

Salah satu menu favorit di sini yaitu bakmi Jawa yang banyak dipesan oleh pengunjung. Selain itu, kamu juga bisa coba nasi goreng Jawa, kikil pedas, ceker pedas, soto segar sampai lodeh pedas. Untuk menu minuman kamu bisa pilih Kopi Sontoloyo, kopi hitam, wedang uwuh, wedang jahe, wedang tape, hingga beras kencur.

(NET.CJ Hasan Syamsuri)

Harga yang ditawarkan pun berkisar sekitar Rp18 ribu per porsinya. Buka mulai jam 15.00 WIB sampai 00.00 WIB. Kalau beruntung, kamu bisa menyaksikan sunset yang indah dari kedai ini.

ESTHER CRAMER | ESTHER CRAMER

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments