hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

2 Maret 2020, 11:43 WIB

SINGAPURA

Mantan teknisi pesawat, Low Wee Keong, menjadi buta setelah mengalami kecelakaan. Namun hal itu tidak menghentikannya untuk melakukan kegiatan favoritnya yaitu memasak. Bapak berusia 44 tahun ini mempublikasikan videonya memasak lewat channel YouTube miliknya Blind In The Kitchen.

Sebelumnya ia menyiapkan resep dan storyboard di kepalanya, lalu meminta bantuan temannya, Alex Khoo, untuk merekamnya ketika memasak. Low, yang belajar memasak dari ibunya saat kecil, kehilangan penglihatannya setelah kecelakaan pada 2007 di industri pesawat Singapura.

“Aku jatuh dan tergantung pada tali pengaman yang diamankan ke beberapa pipa. Beban itu menyebabkan pipa meledak dan bahan kimia dari selang yang terikat di tali pengamanku melukai mata. Penglihatanku tidak pulih dan tiga bulan setelah kecelakaan itu, dokter memastikan aku buta,” kata Low Wee Kong seperti dikutip dari Asia One pada (02/02/20).

Dengan dukungan kedua orang  tua dan teman-temannya, Low kembali bangkit dan mengumpulkan cukup keberanian untuk mengejar hobinya. Semua ia rencanakan sendiri, mulai dari pemilihan resep hingga ke pasar saat akhir pekan untuk belanja bahan.

Temannya, Alex hanya membantu merekam video pendek saat dirinya memasak. Dan ia menghentakkan kaki dengan pelan ke lantai sebagai kode kapan harus mulai dan berhenti. Low menjelaskan bahwa dengan menggunakan insting, ia bisa mengedit rekaman video dari Khoo yang direkam dengan telepon selular sebelum diunggah di kanal YouTube-nya.

“Dengan menggunakan fitur voice-over untuk membantu membaca layar telepon selular, aku bisa mengedit dan memproduksi video akhirnya,” ujar Low di rumahnya di daerah Taman Nagasari, Singapura.

Di aplikasi video editor, Low menggunakan fitur gerakan layar untuk menyusun klip video, menambahkan musik latar, dan membuat produksi akhir tanpa benar-benar melihat klip video yang dibuka.

“Aku ingin berterima kasih kepada guruku, John Ong, dari Penang Hokkien Podcast dan teman Penangite, Colin Chee, yang sekarang menjadi youtuber yang berbasis di Australia. Mereka menyemangatiku untuk membagikan passion-nya dalam memasak dan mengunggah video pertama kali pada Desember tahun lalu,” tambahnya.

 

Sejauh ini Low telah mengunggah 18 video di kanalnya. Berbagi resep seperti thai pork curry, loh bak, claypot fish curry, fried congee, braised pork trotter, dan loh mai kai. Di samping pertunjukkan memasak, ia juga memberikan tips tentang makanan.

Low mengatakan, menjadi buta tak hanya meningkatkan kemampuan memasaknya, tapi juga membuatnya lebih menghargai setiap detail dari proses memasak. Low berharap orang-orang akan meng-klik tombol subscribe pada kanal YouTubenya dan mendukung perjalannya.

DYNAR MANGGIASIH | ASIA ONE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments