hero
(Pixabay)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

27 Februari 2020, 12:30 WIB

KOREA SELATAN

Wabah virus Corona terus menyebar, selain di Wuhan, Cina yang merupakan endemik dari virus mematikan tersebut, Daegu, Korea Selatan juga menjadi salah satu kota yang mencatat ratusan kasus baru beberapa akhir ini. Tercatat dari 12 orang meninggal dunia di negara K-pop ini 134 kasus berasal dari Daegu. Lalu seperti apa kondisi Daegu sebelum terserang Covid-19 ini?

(Pixabay)

Berlokasi di Korea Selatan bagian tenggara, Daegu, merupakan kota terbesar keempat di Korea Selatan. Wilayahnya di kelilingi pegunungan seperti Gunung Palgong Gunung Biseul, kaki bukit Gunung Gaya, dan deretan bukit kecil di bagian timurnya. Kondisi ini membuat iklim di sana sejuk dan termasuk teduh.

(Pixabay)

Daegu punya E-World 83 Tower, sebuah menara yang menjadi ikon dari kota tersebut. Bagi yang ingin berbelanja, kota ini juga punya Dongseongro yang merupakan surga fashion seperti di Seoul. Kota Daegu semakin lengkap dengan wisata religinya yang cukup terkenal. Salah satu destinasi religi yang menarik adalah Kuil Donghwasa yang berada di Gunung Palgong.

Di kuil tersebut pengunjung bisa melihat patung Buddha raksasa setinggi 33 meter. Patung itu diapit pagoda setinggi 17 meter di kedua sisinya. Industri utama kota ini adalah tekstil, logam dan mesin. Sebagai salah satu pusat industri tekstil dunia, Daegu berambisi menjadi Milan-nya Asia. Bahkan, Festival Tekstil diadakan setiap bulan Oktober.

(Pixabay)

Selain Festival Tekstil, kota ini juga mengadakan berbagai festival untuk mempromosikan kotanya. Misalnya Festival Yangnyeongsi. Festival ini dilaksankan tiap bulan Oktober di Jalan Yakjeon-golmok, pusat Kota Daegu. Di mana klinik-klinik pengobatan tradisional berhadap-hadapan di sepanjang jalan dan saling beradu dalam merajang ramuan tradisonal.

Nah, ada juga Festival Dongseongno. Festival ini diadakan di Jalan Dongseongno tiap bulan Mei. Terdapat berbagai macam pertunjukkan tradisional dan penampilan para artis selama berlangsungnya festival ini.

(Pixabay)

Yang paling besar adalah Festival Dalgubeol yang dilaksankan pada bulan Oktober. Di dalamnya terdapat adu kerbau, pertunjukkan fashion, kontes menyanyi, dan berbagai macam pameran tradisional.

Sektor pertanian juga tidak kalah majunya. Di kota ini dikenal sebagai pusat pengembangan apel dengan kualitas tinggi di Asia Timur. Karena keindahan alam dan potensinya yang luar biasa, empat drama Korea yang terkenal menjadikan Daegu sebagai lokasi pengambilan gambar. Diantaranya drama ‘It’s Okay, It's Love’, ‘Oh! My Venus’, ‘Hyde, Jekyll & Me’, dan ‘Love Rain’.

BERBAGAI SUMBER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments