hero
Para WNI mulai dipindahkan ke KRI Soeharso. (ISTIMEWA)

EDITOR : OCTOBRYAN

26 Februari 2020, 16:15 WIB

INDONESIA

Proses evakuasi 188 WNI di kapal pesiar World Dream berlangsung di Teluk Durian, Kepulauan Riau, Rabu, (26/2/2020). Mereka sudah diangkut dari kapal yang berlayar dari Hong Kong itu menuju KRI Soeharso. 

Nantinya, KRI Soeharso itu akan mengangkut mereka menuju Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu. Mereka kemudian akan diobservasi sebelum dipastikan bebas virus corona selama 14 hari di sana. 

Para WNI yang berada di dalam kapal merah dievakuasi menuju KRI Soeharso di Selat Durian, Kepulauan Riau. (ISTIMEWA)

Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman, mengatakan proses evakuasi kemanusiaan ini berlangsung beberapa jam. Dalam video yang dibagikan, para WNI dipindahkan melalui kapal kecil berwarna merah menuju KRI Soeharso. 

Ketika keluar dari kapal kecil dan tiba di KRI Soeharto, para WNI tampak membawa koper-koper berukuran besar. Petugas medis dan kru KRI Soeharso kemudian mengawal mereka masuk ke dalam kapal.

Para WNI dievakuasi dari kapal World Cruise menuju KRI Soeharso. (ISTIMEWA)

”Transit observasi minimal berlangsung 14 hari di bawah pengawasan Kemenkes RI sesuai protokol WHO,” kata Fadjroel melalui keterangan tertulis kepada NET.Z.

Fadjroel mengatakan, perlakuan sama terhadap WNI diterapkan dalam merespons wabah virus korona (Covid-19). Perlakuan tersebut tidak hanya bagi WNI di Provinsi Hubei, China, namun juga kapal Diamond Princess, maupun World Dream.

Para WNI dievakuasi dari kapal World Cruise menuju KRI Soeharso. (ISTIMEWA)

”Tidak ada seorang pun yang akan ditinggalkan pemerintah. Dan itu keputusan politik yang sudah diambil oleh Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sebelumnya mengatakan, pemerintah akan fokus mengevakuasi WNI di kapal pesiar World Dream terlebih dulu karena risikonya paling kecil.

Sejumlah logistik makanan disiapkan untuk para WNI di KRI Soeharso. (ISTIMEWA)

Dia mengklaim 188 WNI ABK yang akan dievakuasi dari Kapal World Dream dalam keadaan sehat dan sudah mengantongi sertifikat sehat dari Hong Kong dan jaminan sehat dari pihak kapal World Dream.

(BACA JUGAKarena Corona, Atlet Lari Ini Latihan di Lorong Apartemen)

“Kita baru konsentrasi semua untuk World Dream karena itu yang sudah paling dekat dengan kita. Arahan presiden semua harus dilaksanakan dengan penuh kehati-hatian. Beberapa skenario juga sudah kami siapkan, semoga semua bisa berjalan dengan baik,” ucap Terawan.

KRI Soeharso diperkirakan akan tiba di Pulau Sebaru, gugus Kepulauan Seribu, hari Jumat (28/2) sekitar pukul 10.00 WIB.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments