hero
(World Of Buzz)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

25 Februari 2020, 15:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Apalah artinya liburan tanpa sedikit petualangan. Sepenggal kalimat itu tampaknya pantas diucapkan ketika mengunjungi Siem Reap, Kamboja. Salah satu kota yang kaya akan wisata karena menjadi gerbang masuk menuju kawasan purbakala kota Angkor yang terkenal dengan bangunan candinya Angkor Wat. Kira-kira apa saja yang menarik dari kota ini? Berikut ulasannya

1. Angkor Wat

(World Of Buzz)

Berada di pusat Kerajaan Khmer, Angkor Wat merupakan candi megah yang menakjubkan dengan kompleks luas dan detail mengagumkan. Candi ini juga salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh setiap orang. Angkor Wat termasuk dalam UNESCO World Heritage Site dan merupakan satu dari Seven Wonders of the World.

Luasnya hampir se-lapangan bola, sehingga candi ini jadi monumen religi paling besar di dunia. Dibangun sebagai candi Hindu dan didedikasikan untuk Dewa Wisnu, namun secara bertahap dirubah menjadi candi Budha di akhir abad ke-21, dan masih menjadi tempat ibadah hingga kini.

Kalau ke sini, waktu paling bagus untuk berkunjung ke sana adalah jam 5 pagi. Bukan hanya bisa melihat matahari terbit, anda juga menghindari keriuhan turis di jam normal. Turis diharuskan membeli tiket masuk. Buka mulai pukul 05.00-17.30 waktu setempat.

2. Ta Prohm Temple

(World Of Buzz)

Perpaduan antara alam dan arsitektur di hutan Kamboja, Ta Prohm tidak diragukan lagi merupakan reruntuhan menakjubkan di Angkor dan seharusnya menjadi prioritas para turis. Tempat ini juga pernah menjadi lokasi shooting film ‘Lara Croft: Tomb Raider’. Tempat ini sangat terkenal dengan pohon raksasa dan akarnya yang sangat besar dan tumbuh hingga keluar dinding.

Datanglah lebih awal, karena Ta Prohm lebih terlihat menarik di pagi hari kalau ke sini. Jangan lupa membawa senter dan kompas karena keduanya sangat berguna di sini. Ta Prohm dan Angkor Wat berada di satu wilayah Angkor Archeological Park, kamu bisa menggunakan tiket yang sama. Ta Prohm Temple mulai buka sekitar pukul 07.30 hingga 17.30 waktu setempat.

 

3. Tonle Sap Lake

(World Of Buzz)

Jika anda tertarik dengan kehidupan orang Kamboja, Tonle Sap Lake akan jadi tempat sempurna. Anda bisa mengunjungi desa, rumah, sekolah, dan pasar yang semuanya berada di atas air. Tempat ini merupakan rumah bagi 1,2 juta orang. Tonle Sap merupakan danau air tawar terbesar di Asia Tenggara.

Ada empat desa terapung di sini yaitu Desa Chong Khneas, Kompong Phluk, Mechrey, dan Kompong Khleang. Nah kalau sudah ke sini jangan lupa berhenti di  perkebunan buaya, sekedar membeli cinderamata atau menikmati makan malam saat matahari tenggelam di danau! Tempat ini mulai buka sekitar pukul 12.00 – 00.00 waktu setempat. Harga sewa perahu sekitar Rp279 ribu per orang.

 

4. Wat Thmey

(World Of Buzz)

Kunjungan ke Wat Thmey direkomendasikan untuk para turis yang tertarik mempelajari tragedi tragis jutaan orang Kamboja yang dibunuh oleh Khmer Merah. Wat Khmey juga dikenal sebagai Siem Reap’s Killing Fields dengan sebuah pagoda dan stupa untuk mengenang kejadian antara tahun 1975 – 1979, dan merupakan satu dari lebih dari 300 peristiwa pembunuhan di Kamboja.

Di bawah rezim Pol Pot, pagoda menjadi tempat tinggal dan tempat penyiksaan, hingga mereka mengakui kesalahan tindakan kriminal yang tak pernah mereka lakukan. Beberapa kerangka tahanan yang tersisa telah digali dan ditempatkan di stupa tersebut di dekat pagoda. Ditempatkan bersama dengan foto, hal ini menampilkan wajah kengerian Kamboja di masa lalu. Kini lokasi ini telah dikembangkan menjadi biara dan digunakan sebagai panti asuhan dan sekolah. Buka mulai pukul 06.00 – 18.00 waktu setempat.

5. Pub Street

(World Of Buzz)

Saat matahari terbenam, dan candi telah ditutup, hanya ada satu tempat tersisa yaitu Pub Street! Tempat ini mirip seperti Khao San Road di Bangkok, Thailand, dengan pesta yang tak pernah berakhir. Nama resmi jalan ini adalah Street 8. Pub Street adalah jalan sepanjang 100 meter dengan klub berlampu neon, bar, restoran, dan kaki lima yang mulai ramai jam 19.00 malam.

Harga minuman beralkohol sangat murah di Pub Street. Jika anda berani, cobalah kalajengking dan tarantula yang banyak dijual oleh pedang kaki lima. Atau mungkin anda lebih tertarik dengan daging buaya, ostrich, kanguru, dan ular. Mereka juga menjual itu!

DYNAR MANGGIASIH | WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments