Imbas hujan deras yang menguyur wilayah Ibukota Jakarta dan sekitarnya sejak Senin (24/2/2020) dini hari hingga Selasa (25/2/2020) pagi membuat beberapa titik pemukiman warga dan jalan protokol banjir.

Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah DKI Jakarta menyebut ada empat pintu air berstatus siaga 1, terhitung sampai pukul 06.00 WIB, dua pintu air lainnya siaga dua dan empat pintu lainnya siaga III.

Salah satunya yang berstatus siaga I adalah pintu air Manggarai. Ketinggian air mencapai 955 cm dari normalnya 750 cm. Sampai saat ini hujan juga masih mengguyur lokasi itu.

Selanjutnya pintu air Karet. Air menyentuh angka 700 cm, lebih tinggi 250 cm dari ketinggian normal, 450 cm.

Status siaga 1 juga disematkan pada pintu air Jembatan Merah. Ketinggian air terhitung saat ini mencapai 285 cm. Padahal normalnya hanya 100 cm.

Terakhir adalah pintu air Istiqlal dengan ketinggian air menyentuh angka 360 cm. Pintu ini diberikan status siaga 1 karena normalnya ketinggian air hanya 250 cm.

Sementara pintu air dengan status siaga II adalah pintu air tangki dan Pulogadung. Ketinggain airnya masing-masing mencapai 350 dan 740 cm.

Berdasarkan pantauan NET.Z, petugas juga mengarahkan pengendara sepeda motor untuk masuk Tol Becakkayu.

Pasalnya, banjir membuat Jl. Kalimalang yang menghubungkan kawasan Jakarta Timur dengan Bekasi, lumpuh dan tak bisa dilalui sepeda motor. Sejumlah pengendara yang memaksa melintasi jalur itu pun memutar balik kendarannya.

(BACA JUGAJakarta Masuk 10 Besar Kota Termacet di Dunia)

Sejumlah ruas koridor dan rute Transjakarta dikabarkan tergenang dan membuat lalu lintas lumpuh. Sejumlah koridor dan rute Transjakarta tak melayani penumpang dan sejumlah rute mengalami pengalihan jalur.

Selain itu, PT Kereta Commuter Indonesia juga mengumumkan perubahan jalur Kereta Commuter Line sebagai dampak dari akibat hujan lebat yang terjadi di Jakarta, akibatnya terjadi penumpukan penumpang di beberapa stasiun.

TIM LIPUTAN

7

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments