hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

20 Februari 2020, 11:30 WIB

KAB. WONOSOBO, INDONESIA

Makanan khas suatu daerah selalu menarik minat pengunjungnya, terlebih bagi yang merantau di Jakarta atau kota-kota besar lainnya. Makanan daerah asal akan selalu dirindukan dan selalu masuk daftar yang akan disantap ketika pulang kampung nanti. Nah, di Wonosobo, Jawa Tengah ada banyak pilihan kuliner yang bisa dicicipi. Mulai dari mie, enthog, sampai es campur.

1. Mie Ongklok

(NET.CJ Aji Sukma)

Warung Mie Ongklok Longkrang yang sudah berdiri sejak tahun 1975 ini sajikan makanan khas Wonosobo. Warung ini enggak pernah sepi penunjung, makanya untuk menikmati mie ongklok disini kamu harus rela antre. Pelanggannya pun bukan cuma orang Wonosobo loh, karena warung ini sering dikunjungi oleh turis domestik maupun mancanegara.

Mie ongklok sendiri artinya adalah mie yang diongklok-ongklok atau direbus sambal digoyang naik turun dalam sebuah wadah yang terbuat dari anyaman bambu. Menu mie ongklok ini terdiri dari mie kuning, kucai dan kubis yang dimasukkan dalam wadah anyaman bambu lalu dimasukkan dalam air mendidih sambil diongklok-ongklok sebentar.

Setelah itu dimasukkan dalam mangkok lalu disiram kuah kaldu kental, bumbu kacang dan ditaburi bawang goreng. Penyajian menu ini termasuk unik karena dihidangkan dengan sate sapi yang membuat rasanya makin nikmat.

Kamu bakalan menikmati sensasi rasa ebi yang dominan di mulut, serta campuran rasa manis dan pedas. Lidah kamu juga akan dimanja dengan campuran kecap dan ulekan cabe hijau yang bisa ditambahkan sesuai selera. Kamu bisa datang ke warung ini di Jalan Pasukan Ronggolawe, Longkrang. Siapkan uang mulai dari Rp7 ribu untuk seporsi mie ongklok dan Rp20 ribu untuk 10 tusuk sate sapi.

2. Enthog Gobyos

(NET.CJ Bayu Setiawan)

Pecinta makanan pedas mana suaranya? Kalau iya, kamu wajib mampir ke Warung Enthog Gobyos yang jadi salah satu kuliner Wonosobo yang sayang buat dilewatkan. Di sini kamu bisa nikmati ragam menu enthog seperti enthog rica-rica, opor enthog dan yang paling melegenda yakni enthog gobyos.

Enthog gobyos dibuat bersantan dengan irisan cabai yang melimpah. Proses memasak dagingnya dua kali sehingga hasilkan daging yang super lembut. Dan menu satu ini terkenal akan kepedasannya yang manjakan lidah penggemarnya.

Warung ini terletak di Jalan Semayu. Siapkan uang mulai dari Rp16 ribu sampai Rp25 ribu untuk bisa nikmati seporsi enthog legenda ini. Makanan ini cocok dinikmati selagi hangat dengan sensasi pedas yang semakin menambah nikmat.

3. Es Sisilia

(NET.CJ Muhammad Raihan Aditama)

Puas nyicipin makanan Wonosobo, coba yang segar-segar dengan minum es campur legendaries di Depot Es Sisilia. Warung ini sudah ada sejak tahun 1983. Es camput tediri dari buah melon, alpukat, sirsak, kelapa muda, selasih, cendol, agar-agar yang dipadu dengan sirup dan susu. Enggak cuma es campur yang disediakan di sini, kamu juga bisa pesan gado-gado dan soto sapi.

Rasanya yang enak dan konsisten membuat depot ini terus disambangi pengunjung. Apalagi bahan baku yang digunakan dijamin enggak pakai pemanis buatan. Kamu bisa mampir dan nikmati kelezatan es campur ini di Jalan Sumbing, Wonosobo. Siapkan uang sebesar Rp6 ribu untuk satu porsi es campur ini ya.

ESTHER CRAMER | AJI SUKMA | BAYU SETIAWAN | NET.CJ MUHAMMAD RAIHAN ADITAMA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments