hero
Kapal pesiar Diamond Princess berlabuh di Daikoku Pier Cruise Terminal, Yokohama,Tokyo, Jepang, Senin (10/2/2020). Ratusan penumpangnya positif virus corona. (ANTARA FOTO/REUTERS/Kim K Kyung-Hoon)

EDITOR : REZA PAHLEVI

18 Februari 2020, 22:50 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Tiga Warga Negara Indonesia yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princes positif terjangkit virus corona atau Covid19.  Ketiga WNI itu termasuk dari 78 kru WNI di kapal pesiar yang kini sedang berlabu di di Teluk Yokohama, Jepang.

Hal ini dikatakan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai acara penyambutan kedatangan lima anggota Tim Aju dari KBRI Beijing, dan 42 anggota Tim Evakuasi WNI dari Wuhan, China di Kantin Diplomasi, Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Selasa (18/02/2020)

“Berdasarkan komunikasi kita terakhir termasuk pembicaraan dengan duta besar Jepang maka diperoleh informasi bahwa 3 dari 78 warga negara Indonesia dinyatakan confirm (positif virus corona),” ujar Retno.

Retno menjelaskan, dari tiga WNI yang postif terjangkit virus corona, dua diantaranya kini sudah mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Kota Chiba, Jepang. Sementara satu diantaranya masih dalam perjalanan ke rumah sakit.

“Tiga WNI yang sudah dinyatakan confirm dua diantaranya dibawa ke Rumah Sakit Kota Chiba dan satunya sedang dalam menjalani proses menuju rumah sakit. sehingga per detik ini saya belum bisa menyampaikan 1 WNI dibawa ke rumah sakit mana,” ungkap Retno.

Retno mengungkapkan informasi yang diberikan Pemerintah Jepang terbatas, terkait penanganan virus corona di Kapal pesiar Diamond Princes. Karenanya, Ia secara resmi telah melayangkan tiga permintaan kepada Pemerintah Jepang.

Tiga permintaan resmi itu disampaikan Retno ketika bertemu Dubes Jepang di Jakarta, Selasa (18/02/2020). “Pertama meminta perhatian terhadap kondisi kesehatan para kru kapal termasuk warga negara Indonesia yang jumlahnya 78,” ujar Retno.

Kemudian permintaan kedua, meminta informasi yang lebih detail mengenai rencana Jepang setelah tanggal 19 Februari. “Ketiga meminta agar otoritas Jepang memastikan perusahaan dapat menjamin hak-hak WNI tidak terbengkalai.

Termasuk ketiga WNI tersebut, total ada 446 penumpang kapal yang positif terjangkit virus corona saat berlabuh di Teluk Yokohama, Jepang. Kapal pesiar mewah tersebut, dalam pelayarannya membawa 3711 orang dari 2666 penumpang, dan 1045 kru kapal dari 56 negara.

Namun kapal itu, kini harus di karantina di Jepang, karena ada ratusan penumpangnya yang positif terjangkit virus corona.

RADIKA KURNIAWAN

 

5

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments