hero
Presiden Joko Widodo bersiap memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (18/2/2020). Ratas tersebut membahas tentang persiapan penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket FIBA 202

EDITOR : OCTOBRYAN

18 Februari 2020, 17:00 WIB

INDONESIA

Indonesia, bersama dengan Filipina dan Jepang, akan menjadi tuan rumah bersama untuk penyelenggaraan Piala Dunia Basket FIBA tahun 2023 mendatang. Presiden Joko Widodo tak ingin hanya melihat kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia Basket 2023 di Indonesia. 

Tak kalah penting, tim nasional bola basket Indonesia juga dimintanya untuk segera disiapkan agar dapat berkompetisi dengan tim-tim nasional lainnya di masa mendatang.

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (18/2/2020). Ratas tersebut membahas tentang persiapan penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

"Saya meminta disiapkan persiapan untuk timnas bola basket yang tangguh dan bermental dalam rangka 2023 yang akan datang," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas terkait Persiapan Penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket FIBA Tahun 2023 di Kantor Presiden Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta agar Organizing Committee (OC) Piala Dunia Basket FIBA tahun 2023 segera dibentuk setelah Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah ajang empat tahunan tersebut.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno (kanan) berbincang dengan Presiden National Olympic Committee (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari sebelum mengikuti rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (18/2/2020). Ratas tersebut membahas tentang persiapan penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

"Juga segera disiapkan dan bentuk organizing committee (OC)-nya yang menyiapkan rancangan kegiatan secara komprehensif," kata Presiden.

Lebih jauh, Presiden juga ingin memastikan bahwa loka penyelenggaraan ajang empat tahunan tersebut di Indonesia dapat memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh FIBA, termasuk fasilitas-fasilitas pendukung bagi publik selama penyelenggaraan berlangsung.

"Indonesia, Filipina, dan Jepang terpilih sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia FIBA 2023. Ini merupakan kepercayaan dunia internasional kepada negara kita yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya," kata Presiden.

Pebasket Indonesia Patriots Arki Dikania Wisnu (kiri) mencoba memasukkan bola ke ring tim basket Amartha Hangtuah saat pertandingan seri keempat IBL Pertamax 2020 di GOR Amongrogo, DI Yogyakarta, Kamis (6/2/2020). Indonesia Patriots menang atas Amartha Hangtuah dengan skor 85-47. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Dalam ajang Piala Dunia Basket 2023, Indonesia memang masih belum otomatis sebagai salah satu kontestan meski bertindak sebagai tuan rumah.  Skuad timnas Basket Indonesia harus lebih dulu melalui babak Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 jika ingin lolos ke Piala Dunia. 

Dalam babak kualifikasi tersebut, Indonesia tergabung di Grup A. Mereka akan bersaing bersama Filipina, Thailand, dan Korea Selatan (Korsel). 

(BACA JUGAJadi Venue Piala Dunia U-20, Jokowi Segera Resmikan Stadion Manahan)

Total ada 24 negara dan 6 grup akan berpartisipasi dalam kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Dua tim teratas masing-masing grup langsung meraih tiket putaran final.

Enam negara di peringkat ketiga klasemen akan menjalani putaran kedua untuk memperebutkan empat slot dari total 16 peserta. Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 digelar dengan format kandang-tandang pada Februari 2020 hingga Februari 2021.

TIM LIPUTAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments