hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

17 Februari 2020, 12:33 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Masyarakat kita kebanyakan pecinta makanan serba goreng. Cara masak seperti ini bahkan sudah menjadi kebiasaan. Tapi ada juga ada juga makanan ‘aneh’ yang seharusnya enggak digoreng justru digoreng. Atau makanan yang kombinasinya agak maksa tapi enak juga ternyata. Nah, kira-kira makanan apa saja itu? Berikut ini ulasannya:

1. Gulai Goreng

(NET.CJ/ M Rahmantiyo)

Surakarta punya banyak pilihan kuliner. Di kota ini kamu juga bisa menikmati gulai yang beda dari biasanya. Kalau kebanyakan hidangan gulai itu berupa daging kambing yang disiram kuah santan, beda dengan yang satu ini. Namanya Gulgor alias Gulai Goreng. Sesuai namanya, proses pembuatannya dengan cara digoreng. Langkah pertama, jeroan kambing digoreng dengan bumbu khusus, setelah matang  kecoklatan lalu siap dihidangkan.

Gulai goreng ini biasanya disajikan dengan menggunakan dua buah piring, satu untuk jeroan kambing yang sudah digoreng dan satu lagi untuk kuah santan kuning seperti kuah gulai pada umumnya. Kamu bisa cicipi menu gulai goreng di Rumah Makan Sate Kambing Pak Samin, tepatnya di Jalan Diponegoro dengan harga Rp27 ribu per porsinya.

2. Cokelat Goreng

(NET.CJ/ Diana Fitria Ningsih)

Pecinta makanan manis, mungkin biasanya kamu nikmati cokelat yang dijadikan permen dan minuman. Tapi kalau kamu berkunjung ke Padang, Sumatera Barat, kamu bisa temukan cokelat yang diolah jadi makanan ringan dengan tekstur renyah dan rasanya enak.

Cemilan ini dikenal dengan nama Cokelat Goreng Tulang Baluik. Baluik dalam bahasa setempat berarti belut. Sesuai namanya, bentuk cokelat goreng mirip dengan belut goreng dan disusun rapi di dalam kemasan.

Coklat unik ini terbuat dari campuran cokelat bubuk, gula pasir, tepung kue, santan, pengembang kue, telur dan garam yang diaduk jadi adonan. Setelah diaduk rata, adonan ini dimasukkan ke dalam cetakan dan setelah itu siap untuk digoreng.

Kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp18 ribu sampai Rp20 ribu per bungkus untuk bisa nikmati sensasi cokelat unik ini. Kaalau mau mencoba, datang saja ke Komplek Pilano, Parak Karakah, Padang Timur, atau di sentra toko oleh-oleh di Padang.


 

3. Mie Ayam Goreng Rasa Cokelat

(NET.CJ/ Saska Ramdani)

Penggemar mie ayam coba deh mie ayam unik yang ada di warung makan Miago di Jalan Tajem Baru, Maguwoharjo, Yogyakarta. Bedanya mie ayam di sini dengan yang lainnya yaitu menu Miago alias mie ayam goreng rasa cokelat. Mie ayam ini dibalut dengan pangsit menyerupai mangkok yang bikin tampilannya menarik.

Nikmati sensasi pedas yang bisa kamu sesuaikan tingkat kepedasannya sesuai selera. Perpaduan rasa manis dan pedas yang bercampur jadi satu bakalan manjakan lidah kamu. Cukup dengan harga Rp15 ribu per porsi, kamu sudah bisa nikmati mie ayam unik ini. Warung ini buka mulai pukul 10.00 hingga 20.00 WIB.

ESTHER CRAMER | M. RAHMANTIYO | DIANA FITRIA NINGSIH | SASKA RAMDANI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments