EDITOR : REZA PAHLEVI

17 Februari 2020, 17:35 WIB

KOTA SEMARANG, INDONESIA

Nurul Mukminin,  seorang sopir angkutan kota di Semarang, Jawa Tengah tiba-tiba menjadi viral di media sosial, setelah membawa bayi kecilnya bekerja. Ia terpaksa melakukan hal tersebut karena sang istri baru saja meninggal dunia.

Istrinya, Ariani Dwi Setyowati, meninggal dunia pada November 2019, sebulan setelah bayinya lahir. Sejak itu, Nurul yang tinggal di rumah petak berdinding kayu di Kampung Karangsari, Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, harus menjaga kedua anaknya.

Bilqis Choirun, Putri dari Nurul Mukmini, sopir yang viral bayi saat bekerja, sedang tertidur dijaga oleh tetangganya, Jumat (14/02/2020). (NET/ Yusuf Hanggara)

Anak pertamanya berusia 7 tahun dan anak keduanya berusia 4 bulan bernama Bilqis Choirun.  Anaknya Bilqis kerap dititipkan ke tetangganya.  Namun karena terlalu sering, Ia merasa tak enak hati lantaran tak bisa memberi upah atau imbalan apapun.

“Awal mulanya saya bawa anak itu ya karena apa ya, yang jelas intinya itu ngga mampu untuk bayar babysitter itu mas.  Ngga cukup mas, kalau diterus dipaksakan ya ujung ujungnya saya kasihan sama yang punya mobil (angkot) selalu kurang setorannya. Yah mau tidak mau saya ambil ya karena itu aja,” ujar Nurul saat ditemui dikediamannya.

Nurul mengaku selama menarik kendaraan, penghasilannya pas-pasan. Perhari hanya bisa membawa pulang uang sekitar 50 hingga 70 ribu rupiah. Penghasilannya itu pun, harus diakali agar bisa membeli susu formula, popok bayi dan biaya sekolah anak pertamannya.

Karenanya, Ia kerap tampak mambawa bayi mungilnya saat berkeliling mencari penumpang. “Kurang lebih satu bulan," jelas Nurul.

Nurul Mukminin, sopir angkot viral yang membawa bayinya saat bekerja. (NET/ Yusuf Hanggara)

Setelah viral, Kisah perjuangan hidup Nurul menuai banyak respon dari masyarakat. Ada yang empati, merasa prihatin, iba, hingga merasa kasihan. Serta menyarankan agar bayi kecilnya tak lagi dibawa pergi bekerja. Menanggapi respon masyarakat, kini Bilqis pun lebih sering dirawat tetangga selama sang ayah bekerja. Disisi lain, Nurul Mukminin, sangat berharap agar masyarakat bisa mengerti akan kondisinya saat ini.

Salah satu yang berempati dengan kisah perjuagan hidup Nurul adalah artis Ibu Kota Baim Wong. Melalui channel youtube pribadinya, Baim Wong membagikan moment kebersamaan Ia dan keluarga sang sopir angkot.

Rumah kediaman Nurul Mukminin, di Kampung Karangsari, Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang beserta angkot yang dibawanya. (NET/Yusf Hanggara)

Setibanya di rumah Nurul, Baim mendapat sambutan dari warga dan keluarga Nurul. Baim turut masuk ke rumah Nurul untuk melihat kondisi Bilqis. “ Ini sudah rencana Yang Kuasa saya bertemu Bapak (Baim),” ujar Nurul sambil mengendong dan memberikan susu kepada bilqis.

Usai  bertemu di rumahnya, Baim membawa Nurul dan bayinya untuk berbelanja perlengkapan bayi disalah satu minimarket 24 jam. Bahkan diperjalanan pulang, Baim yang terketuk hatinya memberikan santunan sejumlah uang untuk segala keperluan sang bayi.

Nurul yang tak kuasa menahan haru, langsung menangis sambil mencium sang bayi. Situasi tersebut pun turut membuat Baim haru hingga akhirnya ikut meneteskan air mata.

YUSUF HANGGARA

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments