hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

13 Februari 2020, 10:32 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Untuk pertama kalinya, film Asia non-bahasa Inggris mencetak rekor dengan meraih penghargaan Oscar. Tak tanggung-tanggung, film berjudul ‘Parasite’ garapan sutradara Bong Joon-ho memborong Piala Oscar di 4 kategori sekaligus, yakni Best Picture, Directing, International Feature Film, dan Writing (Original Screenplay). Tahukah kalian film ‘Parasite’ ini mencerminkan kesenjangan sosial di Korea Selatan?

Film ‘Parasite’ menceritakan kisah dua keluarga di negara yang memiliki tingkat ekonomi terbesar keempat se-Asia, keluarga Park (kaya) dan keluarga Kim (miskin). Ketidaksetaraan yang ditonjolkan dalam film ini mencerminkan keadaan sebenarnya di Korea Selatan, mengenai perbedaan kehidupan antara si Kaya dan si Miskin yang sangat signifikan.

(NEON)

Di film ini, konflik dimulai dari adanya satu karakter dari keluarga Kim yang mencoba untuk memalsukan ijazah agar mendapatkan pekerjaan. Kebohongan berlanjut dengan hadirnya anggota keluarga yang lain. Hal ini mengacu pada fakta mundurnya Menteri Kehakiman Cho Kuk pada Desember 2019 lalu. Ia dituntut karena memalsukan dokumen tentang investasi keluarga dan izin masuk universitas anak-anaknya.

Sulitnya mendapat pekerjaan, harga tanah yang semakin mahal, keinginan untuk masuk ke sekolah atau suatu universitas, juga menjadi alasan ketidakpuasan anak muda terhadap pemerintahan Presiden Moon Jae-in. Faktanya di tahun 2019, survei milik Lembaga Kesehatan dan Sosial Korea menyatakan, lebih dari 85% responden Korea Selatan merasa ada kesenjangan pendapatan yang besar di masyarakat, terutama anak muda. Sehingga dukungan kepada Presiden Moon Jae-in turun menjadi 45% karena banyak yang merasa tidak puas.

NADIA SOEKARNO | ASIA ONE

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments