EDITOR : OCTOBRYAN

13 Februari 2020, 13:30 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Teka-teki status gender Lucinta Luna akhirnya terjawab. Penyidik Kepolisian Resort Jakarta Barat telah menerima surat putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang dikeluarkan pada Desember 2019 lalu. Isinya yakni Pengadilan menerima permohonan Lucinta dalam melakukan perubahan kelamin dari laki-laki menjadi perempuan. 

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus mengatakan, dengan adanya putusan tersebut pihaknya akan mengubah status jenis kelamin Lucinta Luna yang jadi kontroversi di masyarakat.

Polisi menghadirkan artis Lucinta Luna (tengah) pada rilis kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (12/2/2020). Lucinta Luna ditetapkan sebagai tersangka kasus kepemilikan narkoba dengan barang bukti dua butir pil ekstasi, tujuh butir pil riklona dan lima butir pil tramadol setelah ditangkap di sebuah apartemen di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

"Statusnya yang bersangkutan adalah perempuan secara hukum sah dari pengadilan," ujar Yusri di Mapolres Jakarta Barat, Kamis (13/2/2020).

Dalam putusan tersebut, lanjut Yusri, pengadilan juga memutuskan nama baru dari Lucinta Luna, yaitu Ayluna Putri dari sebelumnya Muhammad Fatah.

Pengadilan kemudian memerintahkan kepada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan agar mengubah kutipan akta kelahiran Lucinta Luna.

Polisi menghadirkan artis Lucinta Luna (tengah) pada rilis kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (12/2/2020). Lucinta Luna ditetapkan sebagai tersangka kasus kepemilikan narkoba dengan barang bukti dua butir pil ekstasi, tujuh butir pil riklona dan lima butir pil tramadol setelah ditangkap di sebuah apartemen di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.

Yusri menjelaskan, status gender adalah aspek mutlak yang harus diketahui dalam proses penyidikan. “Ketentuan dalam penyidikan itu harus menanyakan apa jenis kelamin,” pungkasnya.

Sementara itu, Lucinta Luna kini ditempatkan di blok perempuan Rutan Polda Metro Jaya.  Meski ditempatkan di sel khusus, polisi memastikan tidak ada perlakuan khusus baginya.

TEO FANDI

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments