hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

12 Februari 2020, 10:28 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Setelah memenangkan Palme d’Or di Festival Film Cannes 2019 dan sederet penghargaan internasional lainnya, ‘Parasite’ kembali berjaya di Academy Awards 2020. Film Korea Selatan besutan sutradara Bong Joon-ho ini berhasil memenangkan kategori Best Picture, mengalahkan delapan nominasi lainnya. Pencapaian ini juga mencetak sejarah, karena ‘Parasite’ menjadi film Asia, dan film berbahasa asing pertama yang memenangkan kategori tersebut. Selain Best Picture, ‘Parasite’ juga berhasil membawa pulang piala Oscar 2020 untuk Best Original Screenplay, Best International Feature, dan Best Director. Film ini memenangkan empat dari total enam nominasi yang didapat.

'Parasite' merupakan film satire yang mengisahkan perjuangan kelas dan kesenjangan sosial. Gambaran si miskin diwakili oleh keluarga Kim yang tinggal di basement, sedangkan si kaya diwakili oleh keluarga Park yang tinggal di rumah mewah, lengkap dengan ruang bawah tanah yang tersembunyi. Dalam film dikisahkan satu demi satu anggota keluarga Kim bekerja di kediaman keluarga Park. Namun dalam perjalanannya, siasat mereka ini berkembang menjadi intrik yang berbahaya.

Film yang dibintangi oleh Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik, dan Park So-dam ini berdurasi 132 menit. Tayang perdana di Festival Film Cannes pada 21 Mei 2019, lalu disusul di bioskop Korea Selatan dan berbagai negara lainnya, Parasite telah berhasil mengumpulkan pendapatan lebih dari Rp2,2 triliun.

Dalam kategori Best Picture, ‘Parasite’ mengalahkan 1917 yang sebelumnya juga digadang-gadang akan menjadi pemenang. Selain itu, nominasi lainnya yang berhasil dikalahkan yaitu ‘Once Upon a Time in Hollywood’, ‘Jojo Rabbit’, ‘The Irishman’, ‘Joker’, ‘Ford vs Ferrari’, ‘Little Women’, dan ‘Marriage Story’. Saat memberikan pidato kemenangannya, Bong Joon-ho memberikan penghormatan kepada sutradara senior Hollywood, Martin Scorsese.

“Saat saya muda dan belajar sinematografi, ada pepatah yang saya ukir jauh di dalam hati, 'Yang paling pribadi adalah yang paling kreatif'. Dan itu berasal dari sutradara hebat Martin Scorsese. Saat saya di sekolah, saya mempelajari film Martin Scorsese. Masuk nominasi bersama dia adalah kehormatan besar," kata Bong Joon-ho.

(Wire)

Sebelumnya hanya ada sepuluh film berbahasa asing yang pernah dinominasikan untuk Best Picture, termasuk ‘Amour’ dan ‘Life Is Beautiful’, namun tidak ada yang menang. Tahun lalu misalnya, banyak yang menduga film otobiografi ‘Alfonso Cuaron, Roma’, akan memenangkan Best Picture. Namun ternyata, film tersebut kalah dari ‘Green Book’.

Sepanjang acara, hampir semua sineas yang naik ke panggung menyinggung tentang kontroversi dominan. Diantaranya pembukaan medley musical oleh Janelle Monae, yang menyoroti tentang film dengan keberagaman etnis. Dan pidato kemenangan Joaquin Phoenix saat menerima piala untuk Best Actor yang bermuatan politik dan rasisme sistemik. Suara serupa juga disuarakan diluar panggung oleh Natalie Portman, melalui bordiran nama-nama sutradara perempuan yang tidak masuk nominasi Best Director.

THE GUARDIAN | DYNAR MANGGIASIH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments