hero
(Newshub)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

10 Februari 2020, 15:45 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Motion sickness alias mabuk saat di pesawat pastinya jadi hal yang enggak kamu inginkan. Sebagian orang menghindarinya dengan minum obat anti mual supaya mengantuk dan tidur selama di pesawat. Tapi cara ini bisa bikin kamu kelewatan momen-momen asyik yang mungkin enggak kamu temui di perjalanan lainnya. Nah, berikut ini ada lima tips yang bisa kamu coba untuk menghindari mabuk dan mual saat di pesawat:

1. Pilih Minuman Hangat

(Bustle)

Biasanya awak kabin akan menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman untuk para penumpang. Supaya enggak mabuk, pilihlah minuman seperti air jahe atau teh hangat. Selain itu, kamu bisa minum air putih hangat yang lebih netral untuk perut kamu. Sebaiknya hindari minuman pemicu mual seperti kopi atau minuman bersoda.

2. Pilih Tempat Duduk yang Pas

(Bustle)

Buat kamu yang gampang mual saat di perjalanan, hindari tempat duduk di bagian tengah atau belakang pesawat. Posisi paling pas untuk menghindari mabuk yaitu di sisi sayap pesawat atau di barisan dekat jendela. Tujuannya agar kamu bisa melihat view di luar pesawat dan lupa sama mual yang kamu rasakan. Kalau di sisi sayap pesawat sudah penuh, kamu bisa request untuk dapat tempat duduk di barisan depan agar enggak merasa mual.

3. Siapkan Kipas Angin Mini

(Dramamine)

Saat dalam pesawat tentunya kita enggak ada akses jendela yang terbuka seperti di mobil. Buat sebagian orang, kondisi ini bikin tambah mual. Untuk itu kamu bisa menyiapkan kipas angin mini yang handy alias mudah digenggam. Dengan begitu, sirkulasi udara di sekitar kamu tetap segar. Kamu pun terhindar dari mabuk selama perjalanan.

4. Pura-pura Enggak Mual

(Bustle)

Cara berpura-pura seperti ini berguna untuk mensugesti pikiran kamu. Dengan begitu kamu bisa melupakan rasa enggak enak yang bergejolak di dalam perut. Cara ini didapat dari penelitian yang dirilis pada Journal of Applied Psychology. Trik ini terbukti ampuh diterapkan pada tentara Israel. Dimana para tentara yang sedang dalam pelatihan diminta untuk tidak mabuk laut. Setelah ada instruksi tersebut, jumlah tentara yang mengalami mabuk laut lebih sedikit dibandingkan sebelum ada instruksi.

5. Jangan Baca Buku

 (Bustle)

Sebagian orang sengaja membawa buku untuk dibaca selama di perjalanan. Baik saat menggunakan transportasi darat atau udara. Walaupun bisa untuk refreshing, cara ini justru memicu rasa mual dalam tubuh kita. Sebagai gantinya kamu bisa menyiapkan audio book. Jadi isi cerita di dalam buku bisa kamu simak lewat suara tanpa harus membacanya secara langsung. Selamat mencoba!

THE SUN | DAILY MAIL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments