hero
(Asia One)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

6 Februari 2020, 12:26 WIB

CINA

Seorang remaja China berusia 15 tahun jalani operasi plastik agar wajahnya sesuai dengan usianya. Remaja yang berasal dari Liaoning, Cina ini bernama Xiaofeng dan jadi pemberitaan media setempat pertama kali pada Desember 2020 lalu karena wajahnya seperti nenek-nenek. Kulitnya yang terlihat kendur dan keriput. Setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh ternyata ia menderita progeria, suatu kondisi genetik langka yang menyebabkan penuaan dini dan enggak ada obatnya.

Menurut ibunya yang juga menderita kelainan yang sama, kulit Xiaofeng udah mulai kendur ketika berumur satu tahun. Pada saat dia tumbuh remaja, dia tampak seperti berumur 60-an. Merasa malu dan terus diejek, Xiaofeng akhirnya berhenti sekolah dan memilih merawat burung peliharaan keluarganya di rumah.

Xiaofeng saat kecil. (Asia One)

"Kadang-kadang orang memanggil saya tante atau nenek. Itu membuat saya sangat sedih. Dengan penampilan saya sekarang, saya enggak mau pergi ke sekolah. Kalau saya bisa mengubah penampilan saya di masa depan, saya mau kembali ke sekolah. Saya enggak  perlu jadi perempuan paling cantik, saya cuma mau jadi seperti remaja lain tanpa penampilan aneh,” ungkap Xiaofeng seperti dikutip dari Asia One pada (06/02/20).

Beruntung, apa yang diinginkan Xiaofeng mendapat perhatian banyak orang. Seorang warga yang kasihan bernama Guo Mingyi mengumpulkan sumbangan untuk membayar tagihan operasi plastiknya. Shi Lingzhi, direktur Rumah Sakit Bedah Plastik Shenyang Sunline, mengatakan bahwa operasi Xiaofeng membutuhkan biaya lebih dari Rp 980juta.

(Asia One)

Tapi setelah mendengar kisah Xiaofeng, rumah sakit memutuskan untuk member diskon 70 persen dari biaya tersebut. Lalu Xiaofeng jalani operasi peremajaan wajah, operasi rekonstruktif pada hidungnya dan bedah mikro untuk keriput dan kendur di sekitar mulutnya pada 29 Desember 2019. Satu bulan setelah operasi, Xiaofeng akhirnya muncul dengan penampilan barunya ke publik saat konferensi pers pada 20 Januari 2020. Di depan para awak media ia mengaku tak menyangka jika wajahnya bisa berubah.

"Saat ini saya sangat bahagia dan terharu karena saya jadi cantik. Saya merasa jadi lebih percaya diri. Setelah jalani operasi ini, saya percaya bahwa keajaiban ada di dunia ini,” ungkapnya.

BACA JUGA: 

Pemuda Sarjana Hukum Ini Pilih Jadi Petani, Alasannya Mengejutkan!

Pria Malaysia Ini Pakai Baliho untuk Cari Jodoh

Miris! Kakek Ini Mantan CEO, Sekarang Jadi Pelayan Supermarket

Usai menjalani transformasi wajah, Xiaofeng bertekat untuk belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa menjadi dokter. "Setelah saya kembali ke sekolah, saya akan belajar untuk jadi dokter. Saya merasa dengan jadi seorang dokter, saya bisa membantu orang lain dan menyebarkan cinta," tuturnya.

ESTHER CRAMER | ASIA ONE

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments