hero
Seorang staf medis merawat seorang pasien dengan pneumonia yang disebabkan oleh virus corona baru di Rumah Sakit Zhongnan Universitas Wuhan, di Wuhan, provinsi Hubei, China, Rabu (22/1/2020). Foto dia

EDITOR : OCTOBRYAN

31 Januari 2020, 18:10 WIB

INDONESIA

Kementerian Luar Negeri segera mengevakuasi ratusan WNI yang masih berada di Provinsi Hubei, China. para WNI itu sebelumnya memohon pemerintah agar segera dijemput dari kota Wuhan karena wabah virus corona.

"Sesuai instruksi Bapak Presiden untuk dapat mengevakuasi WNI dari Wuhan secepatnya, saat ini penyiapan evakuasi WNI dari Wuhan sudah memasuki tahap akhir," ujar Menlu Retno Marsudi dalam keterangan pers yang diterima NET.Z, Jumat (31/1/2020).

eorang pria mendorong bagasinya saat seorang anak duduk diatasnya dengan masker di Stasiun Kereta Api Beijing Barat, menjelang Tahun Baru Imlek, di Beijing, China, Senin (20/1/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/wsj/cfo

Retno menjelaskan, pihaknya baru saja selesai berdiskusi dengan Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, terkait evakuasi secepatnya bagi WNI di Wuhan. Pihak China disebut akan mendampingi tim evakuasi yang akan menolong WNI. 

"Keberangkatan pesawat penjemput bersama tim akan dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam," jelas Retno.

Para penumpang memakai masker terlihat di ruang tunggu untuk kereta menuju Wuhan di Stasiun Kereta Api Beijing Barat, menjelang Tahun Baru Imlek di Beijing, China, Senin (20/1/2020). ANTARA FOTO/REUTERS

Menurut data Kemenlu, jumlah WNI yang tinggal di Provinsi Hubei sebanyak 243 orang, 100 orang diantaranya berada di Wuhan. Dari 100 WNI itu, terdapat 84 mahasiswa dan 16 tamu mahasiswa.

Retno melanjutkan, pihaknya menyediakan psikolog utk memberikan layanan konseling kepada para WNI. Layanan diberikan melalui komunikasi telepon dan sudah dimanfaatkan para WNI.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan pernyataan pers pada wartawan di kantor Kemenlu, Jakarta Pusat, Jumat (31/1/2020). (KEMENLU)

"Layanan ini merupakan langkah pencegahan untuk melengkapi proses evakuasi yg akan segera dilakukan," paparnya.

Lebih lanjut, begitu tiba di Indonesia, WNI yang dievakuasi akan dikelompokkan menjadi dua kelompok, yakni  orang dalam pemantauan dan pasien dalam pengawasan. 

(BACA JUGA: Terkait Virus Corona, Jokowi Instruksikan Segera Evakuasi WNI di Provinsi Hubei)

Adapun masa karantina di Tanah Air juga akan bergantung pada status Provinsi Hubei.  Bila saat evakuasi, status Hubei tidak lagi diisolasi, WNI dari Hubei hanya akan dikarantina selama 2-3 hari. Sedangkan, bila status Hubei masih diisolasi, WNI akan dikarantina selama satu kali masa inkubasi, yakni sekitar 1-14 hari.

Per hari ini, sebanyak 213 orang tercatat meninggal di China karena terinfeksi virus corona. Sebanyak 1.982 kasus baru dikonfirmasi, dengan demikian total yang terjangkit virus itu mencapai 9.356 orang.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments