hero
Presiden Joko Widodo dan menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (30/1/2020). (Biro Pers)

EDITOR : OCTOBRYAN

30 Januari 2020, 19:20 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan jajarannya untuk segera mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Wuhan, Provinsi Hubei, China. 

Keputusan ini diambil oleh Presiden setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, dan Kepala BNPB Doni Monardo di ruang tunggu Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, dan Kepala BNPB Doni Monardo di ruang tunggu Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/1/2020). (Biro Pers)

“Tadi Bapak Presiden sudah memerintahkan agar evakuasi WNI Provinsi Hubei dilakukan segera,” ucap Retno usai pertemuan kepada Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Diketahui, jumlah WNI yang tinggal di  Provinsi Hubei sebanyak 243 orang. WNI yang mayoritas merupakan mahasiswa tersebut tersebar di Wuhan, Xianing, Huangshi, Jingzhou, Xianyang, Enshi, dan Shiyan.

Sejumlah perawat memakai pelindung saat berbicara dengan pengunjung di bagian penerimaan Rumah Sakit First People di Yueyang, provinsi Hunan, dekat perbatasan dengan provinsi Hubei, yang berada isolasi sebagian akibat wabah virus korona baru, di China, Selasa (28/1/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter/hp/djo

Kementerian Luar Negeri telah menyampaikan dua opsi skenario evakuasi. Pertama, WNI akan dibawa keluar dari Provinsi Hubei dan dijemput di wilayah berbeda. Opsi kedua, WNI akan dijemput langsung di Hubei dengan menggunakan pesawat.

Lebih lanjut, begitu tiba di Indonesia, WNI yang dievakuasi akan dikelompokkan menjadi dua kelompok, yakni  people under observasion (orang dalam pemantauan) dan suspect (pasien dalam pengawasan). 

Seorang anggota komite desa memakai masker dan rompi, menghentikan mobil untuk diperiksa saat ia menjaga jalan masuk ke komunitas untuk mencegah warga luar masuk, saat negeri tersebut sedang terjadi penularan virus corona baru, di desa Tianjiaying, pinggiran kota Beijing, China, Rabu (29/1/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)

Adapun masa karantina di Tanah Air juga akan bergantung pada status Provinsi Hubei.  Bila saat evakuasi, status Hubei tidak lagi diisolasi, WNI dari Hubei hanya akan dikarantina selama 2-3 hari.

Sedangkan, bila status Hubei masih diisolasi (lockdown), WNI akan dikarantina selama satu kali masa inkubasi, yakni sekitar 1-14 hari.

Anggota komunitas menjaga jalan masuk ke sebuah komunitas untuk mencegah warga luar masuk, saat negeri tersebut sedang terjadi penularan virus corona baru di pinggiran kota Beijing, China, Rabu (29/1/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)

Coronavirus atau virus Corona termasuk keluarga besar virus yang diketahui juga menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Novel coronavirus (CoV) belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Coronavirus pada dasarnya dari binatang pindah ke manusia, dan 80 persen penyakit baru berasal dari zoonosis.

(BACA JUGABeredar Video Dokter Marah dan Nangis Kewalahan Tangani Pasien Corona)

Tanda-tanda orang terjangkut virus ini seperti gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas, dan kesulitan bernapas.

Virus ini awalnya ditemukan di Kota Wuhan, China, pada Desember 2019 dan saat ini telah menyebar ke sejumlah negara tujuan turis asal China, seperti Thailand, Taiwan, AS, Korsel, dan Jepang. Virus corona strain baru ini belum ditemukan vaksinnya.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments