hero
(BBC)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

28 Januari 2020, 14:40 WIB

PORTUGAL

Kalau biasanya lokasi kantor pos ada di tengah kota atau tempatnya strategis yang mudah untuk dijangkau banyak orang, berbda dengan kantor pos yang satu ini. Lokasinya di sebuah kepulauan kecil bernama Azorea tepat di tengah-tengah Samudra Atlantik atau sekitar 1.500 kilometer dari daratan.

Lokasi kantor pos berada di tengah lingkaran putih. (BBC)

Kepulauan Azorea merupakan sebuah kota pelabuhan yang sederhana dan menjadi rumah bagi salah satu kantor pos paling terpencil di dunia, yang menyimpan surat untuk kapal pesiar dari seluruh penjuru dunia. Kepulauan ini bagian dari daerah otonomi khusus Portugal.

(BBC)

Kantor pos ini juga dijadikan kafe. Biasanya pengunjung yang paling sering datang adalah para kru kapal pesiar yang berlabuh di Pelabuhan Horta. Di kepulauan seluas 3.900 kilometer ini ada sekitar 15.000 orang yang menghuni.

(BBC)

Kalau ke Kepulauan Azorea jangan lupa menyempatkan untuk mengunjungi Kafe Peter Sport yang letaknya di sebelah dermaga. José Henrique Azevedo adalah generasi ketiga yang mengelola kantor pos sekaligus kafe ini. Sebenarnya, tujuan awal kantor pos ini didirikan hanyalah untuk membantu pelaut yang masuk dan memasok kembali kebutuhan mereka.

José Henrique Azevedo, pemilik kantor pos sekaligus kafe. (BBC)

Lalu, ia juga menawarkan untuk menyimpan surat saat datang. Dengan cepat, hal ini jadi dikenal oleh komunitas perahu pesiar bahwa kalau surat mereka bisa sampai ke Kafe Horta, maka surat itu akan berada di tumpukan di dalam kafe. Meskipun banyak yang memanfaatkan layanannya, namun fasilitas titip surat ini gratis.

ESTHER CRAMER | BBC

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments