hero
Foto kenangan Kobe Bryant dan Gianna Maria-Onore Bryant, anak keduanya. Mereka tewas dalam kecelakaan Helikopter di Calabasas, California, Amerika Serikat, Minggu (26/1/2020)

EDITOR : OCTOBRYAN

28 Januari 2020, 14:35 WIB

AMERIKA SERIKAT

Kecelakaan helikopter di Calabasas, California, Minggu (26/1/2020) telah merenggut nyawa legenda basket Kobe Bryant. Tidak hanya Kobe, peristiwa itu juga menewaskan Gianna Maria-Onore Bryant, putri kedua Kobe.

Kobe disebut sebagai "salah satu yang terbaik dalam sejarah NBA" oleh komisaris NBA Adam Silver, dan New York Times pernah menulis Kobe "salah satu pemain yang terbaik dalam sejarah basket." Reuters mengatakan ia "bisa dibilang yang terbaik di generasinya".

Fans Kobe Bryant memadati memorial site untuk mengenang legenda basket asal Amerika Serikat itu. (NBA.COM)

Pada 2008 dan 2016, ESPN menyatakan Bryant sebagai shooting guard terbaik setelah Jordan. Beberapa pemain seperti Kevin Durant, Dirk Nowitzki, Dwyane Wade, dan Derrick Rose mengatakan Bryant sebagai Michael Jordan versi generasi mereka. 

Ucapan itu bukan isapan jempol semata. Statistik menunjukkan Kobe memiliki nilai rata-rata 25.0 poin, 5.2 rebound, 4.7 assist, dan 1.4 steal per game selama 20 tahun perjalanannnya di dunia basket professional.

Para fans Kobe Bryant menggambar mural kenangan Kobe beserta anaknya Gianna Maria-Onore Bryant. (NBA.com)

Pemain berusia 41 tahun itu dipertimbangkan sebagai pemain terlengkap dalam sejarah NBA. Kobe juga menjadi salah satu pemain NBA yang berhasil mencetak setidaknya 30.000 poin, dan 6.000 assist, dan 1 dari 4 pemain dengan 25.000 poin, 6.000 rebound, dan 6.000 assist.

Semasa hidupnya, ia mengantar LA Lakers lima kali menjadi juara NBA. Kobe meraih cincin juara NBA pada 2000, 2001, 2002, 2009, dan 2010.

Aksi Kobe Bryant ketika membela LA Lakers. (NBA.com)

Di Olimpiade, Bryant membawa tim AS memenangkan dua kali medali emas. Kemenangan pertama pada Olimpiade Beijing 2008. Lalu, empat tahun kemudian gelar itu bertahan di Olimpiade London. Bryant menyebut dirinya Black Mamba. 

Julukan ini melekat pada pemain bernomor punggung 24 itu sampai akhir hayatnya. Ketika menyerang, ia gesit dan akurat, persis seperti ular hitam tersebut.

kobe bryant memenangi trofi 2010 (Reuters)

Semasa kariernya, Kobe menjadi salah satu atlet dengan pendapatan tertinggi. Menurut Forbes, kekayaannya mencapai USD 770 juta atau setara Rp10,47 triliun.

Dilansir dari Celebrity Net Worth, Kobe mencetak pendapatan dari gaji saja sebagai pebasket di LA Lakers mencapai USD 328 juta. Selain itu, pendapatannya dari iklan, mencapai USD 350 juta.

Penggemar berkumpul di L.A. Live di Los Angeles untuk memberikan penghormatan kepada mantan pemain guard Los Angeles Lakers Kobe Bryant yang meninggal dunia saat helikopter jatuh pada hari Minggu (26/1/2020), di Los Angeles, California, Amerika Serikat. ANTARA FOTO/REUTERS/Sandy Hooper-USA TODAY Sports/foc/cfo

Pada Maret 2014, Kobe Bryant membeli 10 persen kepemilikan saham produsen minuman Body Armour senilai USD 6 juta. Pada Agustus 2018, Coca Cola membeli saham Body Armour senilai USD 2 miliar. Imbasnya nilai saham Kobe melonjak menjadi USD 200 juta di perusahaan tersebut.

Di tahun terakhirnya sebelum pensiun, Kobe mencetak pendapatan dari iklan sebesar USD 25 juta. Di antaranya berasal dari kontrak bersama Nike, Sprite, McDonald's, Turkish Airlines, Lenovo, Hublot, dan Panini.

 

Kobe Bryant memasuki dunia investasi bahkan sebelum dirinya meninggalkan NBA. Pada 2013, ia ikut mendirikan perusahaan modal ventura Bryant Stibel bersama dengan pendiri Web.com, Jeff Stibel. Perusahaan modal ventura Bryant Stibel dengan modal USD 100 juta pada Agustus 2016.

Pada tahun 2016 Kobe membuat gebrakan dengan mendirikan Granity Studios, sebuah perusahaan media yang berfokus pada penceritaan kreatif seputar olahraga.

Melalui perusahaan ini, atlet yang pensiun pada April 2016 itu menuliskan dan membuat sebuah film pendek berjudul "Dear Basketball" yang memenangkan Academy Award untuk film pendek animasi terbaik pada tahun 2018.

Granity juga telah merilis satu set buku untuk orang anak muda, bersama dengan autobiografi Kobe berjudul "The Mamba Mentality: How I Play".

(BACA JUGAGood Bye, Kobe)

Kobe adalah duta resmi After-School All-Stars (ASAS), organisasi non-profit Amerika yang menyediakan program komprehensif untuk anak-anak lulus sekolah di 13 kota di AS. 

Ia juga memulai Kobe Bryant China Fund yang bekerjasama dengan Soong Ching Ling Foundation, sebuah badan amal yang didukung oleh Pemerintah China. Kobe Bryant China Fund meningkatkan uang di China dan dialokasikan untuk program pendidikan dan kesehatan.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments