hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

28 Januari 2020, 09:51 WIB

CINA

Ternyata Presiden Joko Widodo dan Justin Bieber pernah selfie bareng. Selain itu ada juga Blackpink tapi kok di dalam kantor polisi? Tenang dulu, itu semua hanya sebuah edit dari aplikasi photoshop. Foto-foto pesohor dari luar negeri hingga Jokowi ini merupakan karya dari Agan Harahap. Hasil  karyanya tersebut dapat di lihat pada laman instagram pribadi @aganharahap.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

❤️

Sebuah kiriman dibagikan oleh Agan Harahap (@aganharahap) pada

Menariknya, karya photoshop Agan tak hanya diliput oleh media Indonesia saja beberapa waktu lalu, melainkan  juga oleh media asing yakni South China Morning Post (SCMP). Konsep photoshop yang digunakan Agan juga terbilang unik, beberapa di antaranya seperti aktor kawakan Hollywood Leonardo Dicaprio, yang disulap menjadi tukang ojek online.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebagian dari teman-teman mungkin sudah pernah membaca cerita KKN di Desa Penari yang menghebohkan itu dari berbagai versi. Berikut ini adalah cerita versi Dulatip. Nama Dulatip memang tidak pernah disebut dalam cerita itu. Tapi walau demikian, Dulatip memegang peran yg cukup significant dalam cerita tsb. Dan inilah kisahnya: Suatu hari saya mendapat order untuk mengantarkan kopi ke desa W di Kabupaten B. Di layar aplikasi saya tertulis nama pemesan: Prabu. Sesampainya disana, saya menjumpai Pak Prabu sedang duduk di depan rumah bersama seorang pria. Sebut saja namanya Mbah Buyut. Mereka nampaknya sedang menanti seseorang. Udara yang dingin membuat saya beser. Saya pun permisi untuk ke toilet. Setelah dipersilakan, saya bergegas menuju ke kamar mandi. Di ruangan tengah saya melihat sebuah keris yang tengah berdiri dan sepiring kembang sesajen. Sebetulnya saya takut melihat pemandangan itu. Tapi karena didasari oleh rasa ingin viral di medsos, saya pun memberanikan diri untuk ber-swafoto di tengah benda2 keramat tersebut. "Saya pamit dulu pak. Mungkin bapak ingin sekalian top up ovo?” Ujar saya. Mereka hanya menatap saya dengan tajam seolah mengisyaratkan supaya saya lekas pergi dari situ. Dalam perjalanan pulang, saya mendengar suara musik. Saya merasa sedikit janggal, karena tidak ada desa lagi di sekitar situ. Tapi karena lapar, saya lalu membelokkan motor menuju ke arah dumber suara. Semua pengunjung berpakaian hitam-hitam. Saya berkeliling memutari area panggung. Di pojokan, tampak beberapa remaja sedang menyantap daging monyet mentah. “Huh.. Dasar anak muda! Terlalu terpengaruh oleh tayangan YouTube!” Gerutu saya. Tiba-tiba di hadapan saya berdiri seorang wanita cantik. Dengan ramah ia menawarkan daging monyet mentah itu untuk saya. Saya sebenarnya takut, tapi karena dorongan kuat untuk menjadi influencer, maka sayapun mengiyakan tawarannya demi sebuah swafoto. . "Nama mu siapa, dik?" "Badarawuhi, mas.." . . Bersambung..

Sebuah kiriman dibagikan oleh Agan Harahap (@aganharahap) pada

Lalu ada penyanyi yang hits dengan  lagu ‘Versace’ yakni Bruno Mars yang melakukan foto bersama dengan penyanyi campur sari asal Indonesia, Didi Kempot. Sentuhan  editing  yang dilakukan Agan, memang begitu halus seperti tanpa celah. Dimana pada era digital saat ini, manipulasi terhadap sebuah karya foto tentu dapat mudah di salah gunakan.

“Apa yang saya lakukan hanyalah untuk feed media sosial saya,” ungkap Agan seperti dikutip dalam SCMP pada (28/01/20).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

When 'fake' news transformed into 'real' news in media. ????

Sebuah kiriman dibagikan oleh Agan Harahap (@aganharahap) pada

Pria tahun ini mengatakan ketika idenya muncul ketika melihat sesuatu yang sedang viral. Lalu ia segera mencari foto orang tersebut yang paling pas kemudian di unduh lalu dimanipulasi. Terkadang dirinya merekontruksi, membuat versi parodi dan dibagikan ke ruang publik. Agan tidak pernah di pusingkan oleh proses, walaupun sempat ragu saat ingin memanipulasi Presiden Jokowi karena takut malah menimbulkan keributan.

LUCY OLOAN | SOUTH CHINA MORNING POST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments