hero
(NET/Andre Saputra)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

24 Januari 2020, 15:50 WIB

MALUKU, INDONESIA

Selain kaya akan wisata bahari, Indonesia timur juga punya makanan khas yang bisa menemani kamu menjelajah pulau dan pantai cantiknya. Misalnya ketika mengunjungi Tual, Maluku ada makanan khas Suku Kei bernama embal. Bahkan ada yang menyebut kalau belum makan embal berarti belum dianggap pergi ke Tual.

Embal terbuat dari singkong yang sudah menjadi tepung. Tepung singkong ini buatan sendiri, karena resep embal biasanya turun temurun di dalam keluarga. Bahkan singkong khusus embal ditanam langsung oleh pembuatnya. Siti Samsie, pembuat embal contohnya yang menanam singkong sendiri di rumahnya yang berada di Kampung Embal.

(NET/Andre Saputra)

Pertama kali yang harus dilakukan ketika ingin membuat makanan ini yaitu mengupas singkong, lalu cuci bersih dengan air. Singkong diparut dan ditekan. Proses menekan singkong tersebut dilakukan dengan menaruh adonan singkong yang sudah diparut ke dalam selembar kain dan kemudian ditaruh di bawah kayu yang ditumpuk dengan banyak batu.

Proses ini bertujuan untuk mengeluarkan air dari singkong ini. Waktu yang diperlukan pada proses menekan singkong ini sekitar 24 jam atau bisa lebih lama, karena semakin lama ditekan maka hasilnya akan lebih enak saat dikonsumsi yaitu adonan singkong jadi lebih kering. Setelah proses menekan singkong selesai, hasilnya adonan singkong akan menjadi padat. Kemudian adonan ini diparut lagi agar teksturnya bisa lebih lembut.

Lalu panggang adonan embal di cetakan yang sudah dipanaskan di atas kompor. Setelah itu, embal yang sudah dibakar di atas cetakan langsung dijemur. Nah setelah dijemur, embal sudah siap buat dimakan.

(NET/Andre Saputra)

Biasanya memerlukan sekitar 50 buah singkong untuk membuat 100 buah embal. Rasanya yang tawar cocok buat dimakan bersama ikan, sayur-sayuran, segelas kopi atau teh. Tapi enggak semua embal rasanya tawar karena banyak yang sudah dimodifikasi dengan keju, cokelat dan pisang.

Embal bisa dibilang jadi makanan pengganti beras atau pangan lokal karena kaya akan sumber energi. Makanan ini juga punya banyak manfaat karena kadar gulanya yang rendah bisa membantu mengurangi potensi terkena diabetes. Selain itu, embal juga bisa membantu melancarkan pencernaan karena mengandung banyak serat.

ESTER CRAMER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments