hero
(Asia One)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

23 Januari 2020, 13:15 WIB

CINA

Seorang perempuan muda asal Cina, Wu Huayan (24) meninggal dunia di rumah sakit Guizhou (13/01/20) lalu. Wu meninggal akibat kekurangan gizi setelah menjalani gaya hidup hemat dan irit hingga menyebabkan berat badannya terus turun. Dikutip dari Asiaone (23/01/20), Wu diketahuihanya makan yang diberi cabai dan terkadang bakpau selama lima tahun karena berusaha menabung untuk pengobatan saudara laki-lakinya. Nahas, justru Wu yang harus meninggalkan saudaranya terlebih dahulu.

Wu sudah ditinggal ibunya saat ia berusia empat tahun, sementara ayahnya meninggal dunia saat usia Wu 18 tahun. Hal itulah yang membuat Wu khawatir kehilangan saudara satu-satunya. ”Saya tidak seperti anak-anak lainnya yang bisa meminta uang dari kedua orang tua. Karena kenyataannya, saya tidak punya orang tua,” kata Wu sebelum tutup usia.

(Asia One)

Dana kesejahteraansosial yang diterimanya dari pemerintah setiap bulan hanya sebesar Rp592 ribu. Mau tidak mau Wu harus menyisihkan sebagian demi pengobatan saudaranya.

Nama Wu viral di media sosial setelah mencoba menggalang dana sebesar Rp39 juta untuk biaya operasi katup jantungnya pada Oktober 2019 lalu. Wu yang hanya memiliki berat 21.4 kg 1.35 mulai merasa kurang sehat sejak 2018 lalu.

Kesehatannya yang mulai menurun tersebut membuat Wu kesulitan tidur karena kakinya bengkak dan tubuhnya lesu. Rambutnya yang tebal, lama kelamaan menipis karena rontok. Wu akhirnya berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp138 juta dalam beberapa hari, namun ia tidak dapat menjalani operasi karena kekurangan berat badan.

(Asia One)

Wu yang dikenal sebagai orang yang mandiri. Ia pernah menolak untuk menggalang dana karena takut merepotkan orang lain. Sebelum meninggal, Wu sempat diwawancara dan ingin kembali bersekolah agar cita-citanya sebagai akuntan bank bisa terwujud.

DEA GITHA | ASIA ONE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments