hero
Kapal rombongan wartawan istana terbalik di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur usai liput kunjungan kerja Presiden Jokowi. (ISTIMEWA)

EDITOR : OCTOBRYAN

21 Januari 2020, 14:10 WIB

LABUAN BAJO, INDONESIA

Kapal Pinisi yang ditumpangi sejumlah wartawan Istana Kepresidenan terbalik di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur Selasa (21/1). Para wartawan tengah bertugas meliput kunjungan kerja Presiden Joko Widodo sejak Minggu (19/1) lalu.

Berdasarkan informasi yang diterima NET.Z, sejumlah wartawan tengah berada di atas kapal sejak pukul 11.00 WITA. Beberapa di antaranya tengah berswafoto usai meliput acara penyerahan sertifikat lahan di Kantor Bupati Manggarai Barat, Kecamatan Komodo dan melepas kepulangan Jokowi ke Jakarta bersama rombongan menteri.

Barang penumpang di Kapal Phinisi Bali berhasil diselamatkan. (Istimewa)

Sekitar pukul 12.35 WITA, Desca Lidya Natalia, wartawan Kantor Berita Antara mengisahkan para wartawan tengah mengisi waktu luang usai meliput agenda Kepala Negara. Mereka menaiki kapal Phinisi Bali dari kawasan Plataran Komodo.

Lalu, ketika hendak kembali ke tepi pantai Pulau Bidadari, tiba-tiba angin kencang dan ombak besar menerjang kapal. Kapal berpenumpang  16 orang itu kemudian kehilangan kendali dan terbalik hanya dalam hitungan detik.

Sejumlah wartawan berkumpul di tempat evakuasi usai kapal yang mereka tumpangi tenggelam di Perairan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (21/1/2020). (Istimewa)

"Masih di tengah laut saat mau belok balik, balik ke pantai. Tiba-tiba angin kencang dan ombak besar datang," ujar Desca melalui rekaman suara yang diterima NET.Z, Selasa (21/01/2020).

Setelah itu, seluruh penumpang dan barang-barang yang ada di atas kapal langsung berhamburan ke laut. Desca mengaku kehilangan seluruh barang-barang pribadi yang ada di tas yang dibawanya.

Dua penumpang kapal menyelamatkan barang bawaannya usai kapal yang mereka tumpangi tenggelam di Perairan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (21/1/2020). (Istimewa)

"Isi tas, seperti dompet, laptop, dan semuanya entah hilang atau bagaimana, sepatu juga. Kamera juga," katanya.

Kendati begitu, Desca mengaku kapal penyelamat datang tidak lama setelah peristiwa terjadi dan mengevakuasi seluruh wartawan untuk kemudian dibawa ke Plataran Komodo.

"Sekarang sudah udah sampai di pantai lagi. Katanya mau dipanggil ambulans tapi belum sampai," terangnya.

(BACA JUGANaik Kapal Phinisi, Jokowi Nikmati Sunset di Labuan Bajo)

Terpisah, Staf BPBD Kabupaten Manggarai Barat Hans turut membenarkan kejadian kapal terbalik di Labuan Bajo. Ia turut mengonfirmasi bahwa seluruh penumpang selamat.

"Seluruh penumpang dan ABK selamat. Penyebab kejadian kemungkinan akibat gelombang tinggi. Saat ini BPBD sedang berkoordinasi dengan SAR dan instansi terkait lainnya," tuturnya.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments