hero
Sejumlah tokoh Kerajaan Sunda Empire berfoto usai kegiatan yang dilakukan di kota Bandung. (NET/Iqwan)

EDITOR : OCTOBRYAN

21 Januari 2020, 13:30 WIB

JAWA BARAT, INDONESIA

Media sosial kembali digegerkan dengan kemunculan kerajaan khayalan. Setelah Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah, kini muncul Sunda Empire di Bandung, Jawa Barat.

Riuh kemunculan pertama kerajaan ini bermula saat akun Facebook Renny Khairani Miller mengunggah kegiatan-kegiatan kerajaan Sunda Empire pada 29 Mei 2019.

Pemimpin Kerajaan Sunda Empire saat melakukan pertemuan. (NET/Iqwan)

Dalam unggahannya, ia menyebut Definitiv Orginizing Commite "De Herren XVII" yang ditetapkan pada tanggal postingan. Seperti diketahui, De Heeren merupakan nama bagi 17 orang pengurus VOC di Belanda.

Beberapa foto yang diunggah, terlihat sekumpulan orang yang tengah melakukan pertemuan. Mereka kompak mengenakan seragam mirip TNI berwarna loreng lengkap dengan pangkat, brevet, dan topi.

Tokoh Kerajaan Sunda Empire berfoto usai melakukan pertemuan di Bandung, Jawa Barat. (NET/Iqwan) 

Video-video yang tersebar di media sosial lain juga tidak kalah heboh. Dalam penelusuran yang dilakukan NET.Z, terdapat beberapa jejak digital Kerajaan Sunda Empire.

Dalam video itu terlihat seorang pria yang mengaku sebagai Grand Prime Minister tengah memberikan pengarahan kepada anggota Sunda Empire.

 

Mereka terlihat mengenakan jas lengkap dengan lencana khas tentara. Di depan anggotanya, Grand Prime Minister itu menyebut pada 2020 banyak negara yang akan datang ke Bandung dan mendaftar sebagai anggota Sunda Empire-Earth Empire.

"Amerika Serikat di bawah kerajaan, Brunie dalam kuasa Kerajaan, Sunda Empire adalah kekaisaran bumi," kata seorang anggota Sunda Empire-Earth Empire.

Tokoh Kerajaan Sunda Empire berfoto usai melakukan pertemuan di Bandung, Jawa Barat. (NET/Iqwan) 

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan pihaknya sudah mengetahui desas-desus kemunculan Kerajaan Sunda Empire. Ia tengah menyelidiki fenomena ini untuk mengantisipasi terjadinya kegaduhan dalam masyarakat.

"Kalau ada dinamika sosial budaya seperti itu, saya berharap jangan sampai membuat kegaduhan," ujarnya kepada NET.Z, Senin (20/1/2020) di Bandung.

(BACA JUGAMantan Mahapatih Ungkap Cerita Kehidupan di Keraton Agung Sejagat)

Oded juga memastikan Kerajaan Sunda Empire yang sudah menghebohkan publik itu tidak terdaftar di Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung. 

"Adapun nanti statusnya seperti apa, saya kira tunggu saja perkembangannya. Saya sudah ngobrol juga dengan Kesbangpol, nanti dengan semuanya akan melihat itu," katanya.

IQWAN SABBA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments