hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

18 Januari 2020, 08:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Film bertema Perang Dunia I karya Sam Mendes, ‘1917’ jadi bahasan yang cukup menarik di kalangan para penikmat film. Film yang telah tayang di CGV ini menceritakan tentang dua tentara Inggris, Tom Blake (Charles Chapman) dan William Schofield (George MacKay), yang diberikan misi menyampaikan pesan kepada Kolonel McKenzie (Benedict Cumberbatch) untuk menghentikan rencana serangan kepada Jerman.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

If they fail, it will be a massacre. #1917movie is playing everywhere. Get tickets now with the link in bio.

Sebuah kiriman dibagikan oleh 1917 (@1917) pada

Ternyata, serangan yang akan dilakukan merupakan jebakan Jerman semata. Keberhasilan kedua tentara muda ini akan menentukan nasib 1600 tentara Inggris, yang salah satunya merupakan kakak Tom. Selain tema dan jalan cerita yang memang sudah menarik, sinematografi film ‘1917’ tak bisa diragukan lagi.

Bahkan dengan teknik one shot yang terbilang “enggak mungkin”, film ini berhasil menyabet penghargaan film terbaik di Golden Globes 2020. Film yang diilhami dari kisah kakek sang sutradara, Alfred Mendes, ini juga masuk 10 nominasi di ajang penghargaan Oscar 2020.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Vanity Fair says “1917 is a staggering piece of filmmaking.” Watch the final trailer now.

Sebuah kiriman dibagikan oleh 1917 (@1917) pada

Pengambilan gambar dengan teknik tersebut membuat penonton merasakan ketegangan total dari kedua pemeran utamanya. Di tambah film ini memang menyuguhkan cerita hanya dari sudut pandang Blake dan Scho, begitu panggilan mereka satu sama lain di film. Penonton pun semakin dicampur-adukkan perasaannya saat menonton. Tegang, sedih, haru total!

Tapi kalau benar hanya sekali ambil gambar, kebayang kan pembuatan latar mereka di medan perang? Ternyata film ini memang hanya menggunakan sedikit teknologi CGI. Semua tempat, ledakan, serta tembakan dibuat senyata mungkin. Salah satu yang kita pikirkan pasti bagaimana jika ada kesalahan saat pengambilan gambar.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

#1917Movie has been nominated for 10 Academy Awards including Best Picture. #OscarNoms

Sebuah kiriman dibagikan oleh 1917 (@1917) pada

Faktanya, film ini dilakukan selama 65 hari dengan teknik continuous atau continuity, yaitu melanjutkan adegan yang di “cut” dengan aktor, kostum, letak barang, dan pencahayaan yang sama. Makanya, walaupun one shot, film ini berhasil melewati latar waktu selama dua hari satu malam dalam durasi dua jam.

Tidak berlebihan rasanya jika film ini mendapat nilai 9/10 karena jalan cerita yang ciamik, acting cakap dari para pemain, visual yang memanjakan mata, audio yang menambah ketegangan, serta perasaan penonton yang dibuat naik-turun!

RIENESA DARMAWAN | AULIA CHRISTIANY

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments