hero
(Pixabay)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

17 Januari 2020, 13:23 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Meskipun dinobatkan sebagai negara dengan paspor terkuat di dunia, namun nyatanya warga negara Singapura enggak bisa leluasa mengunjungi negara lain. Dari 190 negara yang membebaskan visa pada warga negaranya, ada lima negara lain yang masih mewajibkan penduduknya mengurus visa ketika mengunjungi negara ini. Negara mana saja itu? Berikut ini lima negara yang wajib diperhatikan warga Singapura, karena enggak bisa dikunjungi tanpa visa atau visa saat kedatangan.

1. AUSTRALIA

(Pixabay)

Australia emang jadi salah satu tujuan favorit warga Singapura, tetapi warga Singapura masih harus membuat visa jika berkunjung ke Negeri Kanguru tersebut sama seperti warga negara lain, kecuali Selandia Baru. Untungnya, proses aplikasi visa cepat dan bisa dilakukan secara elektronik menggunakan sistem Australian Electronic Travel Authority (ETA).

Enggak ada biaya untuk mengurus ETA (Australian Electronic Travel Authority), tapi kalau kita melakukannya secara online, biaya layanannya sekitar Rp200 ribu. Mulai 1 Januari 2018, warga Singapura juga yang memenuhi syarat bisa mendapatkan visa eksklusif. 

Visa ini bentuknya seperti visa biasa namun bisa digunakan untuk multiple entry hingga tiga bulan sekaligus dan memiliki masa aktif hingga 6 tahun. Harganya sekitar Rp1,4 juta dan biaya aplikasi tambahan hingga Rp550 ribu. 

2. INDIA

(Pixabay)

India menjadi salah satu negara yang mewajibkan warga negara Singapura memiliki visa jika ingin masuk ke negaranya. Kecuali bagi warga keturunan Indian yang ingin berpergian ke New Delhi, Chennai, Mumbai, Kolkata, Trivandrum, Bangalore, Hyderabad, Goa, dan Bandara Kochi. Karena visa-on-arrival tersedia dengan biaya sekitar Rp350 ribu. 

Kalau enggak, kita harus mengajukan visa melalui agen visa, atau melalui Komisi Tinggi India di Singapura. Kita juga bisa mengajukan aplikasi visa e-Tourist secara online, yang cukup gampang. Tapi mengajukan visa-on-arrival di bandara India butuh waktu lama, jadi disarankan untuk mendaftar sebelum berangkat ke India.

3. BHUTAN

(Pixabay)

Kalau mau liburan ke Bhutan warga Singapura juga harus mengurus visa. Kerajaan Bhutan memiliki pemandangan alam yang luar biasa dengan tingkap kebahagian warganya sangat tinggi. Meskipun begitu, negara ini juga memberikan persyaratan visa turis paling ketat di dunia. Biaya visa Bhutan sebesar sekitar Rp560 ribu tapi belum dengan paket tur. Karena aplikasi visa termasuk dalam paket wisata, kamu punya waktu minimal dua minggu.

 

4. RUSIA

(Pixabay)

Rusia terkenal akan sejumlah pemandangan paling terkenal di dunia seperti Katedral Saint Basil yang berwarna-warni. Warga Singapura perlu ajukan permohonan visa yang berlaku hingga 30 hari. Sayangnya, proses aplikasi mengharuskan melewati beberapa langkah.

Warga negara Singapura harus minta agen perjalanan atau hotel Rusia untuk keluarkan dokumen ‘Konfirmasi Turis’ yang harganya sekitar Rp560 ribu. Dokumen itu hanya akan dikeluarkan kalau kamu sudah memsan penginapan atau tur bersama mereka.

Visa Rusia bisa didapatkan dengan biaya antara Rp1,4 juta hingga Rp5,6 juta tergantung pada kewarganegaraan. Waktu yang diperlukan untuk proses visa dan jumlah entri yang diperlukan. Secara umum butuh waktu antara empat hari hingga enam minggu untuk mendapatkan visa Rusia. 

5. VENEZUELA

(Pixabay)

Meskipun bukan negara yang paling aman untuk melakukan backpacker-an namun warga negara Singapura masih harus mengurus visa. Venezuela dikenal dengan beragam atraksi alam dan wanita cantiknya. Namun secara umum, aman bagi wisatawan untuk bepergian dengan tur yang terorganisir.

Untuk mengajukan permohonan visa Venezuela, warga negara Singapura harus mendapatkan persetujuan terlebih dulu via email ke Kedutaan Besar Venezuela.

ESTHER CRAMER | ASIA ONE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments