hero
Zhuang. (Shincew)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

15 Januari 2020, 16:05 WIB

MALAYSIA

Biasanya anak-anak menghabiskan waktu dengan bermain bersama teman-temannya. Tapi kondisi berbeda dialami oleh Zhuang Kaihui. Gadis kecil asal Johor, Malaysia ini sejak berusia enam tahun telah membantu sang nenek berjualan kwetiau. Dilansir dari Asia One, Rabu, 15 Januari 2020, awal Zhuang hanya membantu menjaga warung saja. Tetapi, kini di usia menginjak delapan tahun, neneknya memberi kepercayaan pada Zhuang untuk memasak kwetiau goreng langsung.

Kedai Zhuang. (Sinchew)

Meskipun diperbolehkan memasak, namun neneknya masih mengawasi dan memastikan kwetiau buatan bocah yang masih duduk di bangun sekolah dasar ini enak dan layak disajikan untuk pelanggannya. Kedai ini telah didirikan oleh kakek dan nenek Zhuang, yaitu Guo Renyuan (71) dan He Sedi (64) sejak 42 tahun lalu.

Zhuang sedang memasak kwetiau. (Sinchew)

Karena tidak punya nama, masyarakat setempat menyebut kedai ini “Char Kway Teow 21 Mil”. Walaupun terkesan sederhana dan hanya menjual kwetiau dan kopi, namun Zhuang menunjukkan kecintaannya pada bisnis keluarganya ini. Resep rahasia dari kedai kwetiau ini hingga bisa melegenda yaitu terletak pada pemilihan bahan dasar yang segar dan bagaimana ia mengontrol api ketika memasak kwetiau.

Nenek Zhuang, He Sedi. (Sinchew)

Bisnis turun menurun tersebut kemungkinan besar akan beralih ke tangan si kecil Zhuang saat dewasa nanti. Sebab, Ayah dari Zhuang, Guo Yihong (29) saat ini sering kali menggantikan neneknya untuk menyuguhkan kwetiau dan kopi pada para pelanggan.

DEA GHITA |ASIA ONE

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments