hero
(Pixabay)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

14 Januari 2020, 14:41 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Generasi millennial bisa dibilang sebagai generasi yang paling terdidik. Meskipun begitu, generasi yang lahir antara 1980 hingga 2000-an ini juga dianggap sebagai generasi yang paling enggak sehat dibandingkan dengan generasi X yang lahir antara 1965-1980. Meskipun pada kenyataan bahwa banyak generasi milenial yang seolah-olah peduli dengan kesehatan seperti gym, yoga atau ikut beberapa tren kesehatan lainnya. Namun, hal tersebut hanya sebatas tren saja tidak diikuti dengan habit yang benar.

(Pixabay)

Studi dari Blue Cross Blue Shield memperkirakan bahwa angka kematian generasi milenial meningkat 40 persen lebih tinggi dari pada generasi Z pada umur yang sama. Jadi, apa masalah kesehatan yang menyebabkan penurunan dan apa yang perlu diperhatikan ke depannya? Perilaku generasi milenial yang memprihatinkan mungkin salah satunya. Tingkat depresi berat meningkat sebesar 31 persen, sementara tingkat kondisi ketidakwarasan meningkat sebesar 15 persen, dan penggunaan narkoba meningkat 10 persen. Kira-kira apa saja yang harus dilakukan oleh generasi milenial agar kesehatannya tetap terjaga? Berikut tips singkatnya:

1. Kurangi Main Gadget

(Pixabay)

Sudah bukan rahasia lagi kalau generasi milenial adalah orang-orang yang saling terhubung secara online saat ini. Alasanya 30 persen sering kesepian, sementara 27 persen mengatakan mereka enggak punya teman dekat. Kesendirian ini sebagian besar disebabkan oleh media sosial.

Untuk mengatasi kesepian ini, beri jarak antara media sosialmu dan prioritaskan komunikasi dengan tatap muka secara langsung. Interaksi langsung sebenarnya banyak yang orang inginkan, namun jarang dilakukan. Studi Blue Zone menambahkan jika selain pola makan, olahraga, dan tidur yang cukup, rasa kebersamaanlah yang membuat orang tetap sehat.

Menjauh sepenuhnya dari media sosial memang enggak mudah, apalagi untuk kebutuhan bisnis, cukup kurangi saja dan tahu waktu kapan menggunakan gadget setiap hari. Cara kamu menggunakan media sosial ternyata sangat memengaruhi kesehatan mental.

 

2. Kunjungi Dokter

(Pixabay)

Mencegah sebelum sakit adalah hal yang penting. Tetapi enggak semua generasi milenial suka. Padahal ada beberapa keuntungan besar kalau kamu rutin ke dokter setiap tahun, bahkan saat kamu enggak merasa sakit. Pemeriksaan dokter akan membantu kamu tahu tanda dan gejala sebelum menjadi lebih serius.

Jadwalkan janji untuk menemui dermatologi, ginekologi, dan optometri. Ada banyak penyakit, seperti kanker serviks, yang kalau diketahui sedari dini bisa cepat diobati, tapi kalau dibiarkan bisa jadi lebih serius.

ESTHER CRAMER | FORBES

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments