hero
(Oddity Central)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

6 Januari 2020, 11:10 WIB

INGGRIS

Apakah kamu termasuk orang yang suka santai di kamar mandi sambil main gadget untuk baca berita atau update media sosial? Nampaknya kebiasaan kamu yang satu ini bakalan segera berakhir, karena ada desain toilet kontroversial yang bakal membuat kamu enggan duduk lama-lama.

Namanya Standard Toilet, sebuah desain toilet baru yang digagas oleh Mahabir Gill insinyur  Inggris. Desain ini dibuat miring pada sudut 13 derajat ke bawah, jadi memaksa orang yang duduk di atasnya menggunakan otot kaki agar tidak terpeleset.

Menurut Gill, orang bisa duduk dengan nyaman di kursi toilet ini paling lama adalah 5-7 menit. Kemiringan 13 adalah sudut ideal, karena cukup untuk menimbulkan perasaan tegang pada kaki pengguna sehingga mereka ingin bangun lebih cepat. 

(Oddity Central)

Perancang kursi toilet kontroversial ini nyatakan bahwa sebagai insinyur konsultan, ia terkadang menemukan pekerja tertidur di toilet, dan ia juga menjadi semakin terganggu dengan adanya antrian toilet umum. Atau ketika sangat membutuhkan toilet, ia menemukan bilik terkunci. Dari situlah ia mulai mencari solusi, dan lahirlah ide Standard Toilet.

Standard Toilet menerima dukungan dari British Toilet Association (BTA), sebuah asosiasi nirlaba atau organisasi non profit yang bekerja untuk mempromosikan standar kebersihan tinggi dan penyedia toilet umum di Inggris. Tapi hal ini mendapat kecaman di media sosial, banyak orang menyebutnya sebagai guyonan.

Di tengah kontroversinya, toilet ini diklaim punya manfaat bagi kesehatan penggunanya. Seperti memperbaiki postur tubuh, menurunkan risiko wasir dan menurunkan gangguan sendi, ligamen, otot, saraf, tendon, serta tulang belakang. Sekali lagi Gill akui bahwa tujuan utama kursi toilet ini adalah untuk pengusaha, bukan untuk karyawan, karena akan mengurangi kerugian keuangan pengusaha.

ESTHER CRAMER | ODDITY CENTRAL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments