hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

26 Desember 2019, 14:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Di zaman sekarang, kebaya enggak hanya keren digunakan saat momen-momen tertentu seperti kondangan atau acara kebangsaan. Busana khas nusantara ini ternyata tetep cocok untuk dipakai  beragam aktivitas, di antaranya saat hang out bareng rekan-rekan sampai jalan-jalan di pusat perbelanjaan.

Nah untuk mendukung dalam mengekspresikan kecintaan terhadap kebaya, ada loh komunitasnya. Namanya Komunitas Perempuan Berkebaya. Komunitas ini punya tujuan mulia yakni membumikan kembali kebaya sebagai pakaian identitas perempuan Indonesia.

Berdiri sejak Desember 2014, komunitas ini ingin menebar cinta melalui budaya asli Tanah Air. Selain itu juga agar kebaya tidak tergerus oleh budaya asing.

”Dengan pakai kebaya atau kain kita jadi terpanggil untuk melestarikan budaya Indonesia lewat fashion. Kkebaya itu kita pakai sebagai simbol. Tujuan besarnya untuk semua pakaian tradisional supaya  tidak menjadi barang asing di rumahnya sendiri,” ujar Lia Nathalia, koordinator Komunitas Perempuan Berkebaya.

(Dok. Komunitas Perempuan Berkebaya)

Lia juga menambahkan bahwa banyak perempuan yang tetap suka menggunakan kain saat bekerja, namun mereka tak punya teman sehingga kadang malu seolah tiap hari kondangan. Selain merangkul mereka, komunitas ini pun mengusahakan kebaya jadi busana keren yang bisa dipakai sehari-hari.

Kegiatan komunitas ini tak hanya makin mempopulerkan kebaya sebagai busana gaya saja, namun juga aktif sejumlah kegiatan sosial. Bukti nyatanya diwujudkan dalam memperingati Hari Ibu pada 22 Desember kemarin.

Beberapa hari sebelumnya bekerjasama dengan Lapas Perempuan Tangerang, Perempuan Berkebaya beserta Komunitas Cinta Budaya dan Kebaya menggelar lomba unik.  Seperti fashion show kebaya antar warga binaan hingga lomba merias pengantin tradisional.

AULIA KURNIA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments