hero
Desain Nagara Rimba Nusa. (KEMENPUPR)

EDITOR : OCTOBRYAN

24 Desember 2019, 15:30 WIB

INDONESIA

Setelah melalui serangkaian penjurian dan presentasi akhir di hadapan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akhirnya menetapkan desain "Nagara Rimba Nusantara" sebagai pemenang I sayembara Kawasan Ibu Kota Negara.

"Hari ini saya bahagia, senang dan terharu. Di ruangan ini sudah terpilih juara gagasan desain IKN yang akan membuat sejarah baru bagi Indonesia. Kita akan memulai suatu pekerjaan yang besar, yaitu memindahkan Ibu Kota Negara (IKN),” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui keterangan tertulis yang diterima NET.Z, Selasa 24 desember 2019.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyerahkan hadiah kepada Pemenang sayembara Desain Ibu Kota Negara di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin 23 Desember 2019.  (KEMENPUPR)

Basuki menjelaskan, sayembara gagasan IKN diikuti 755 peserta dari hampir seluruh provinsi di Indonesia, termasuk dari luar negeri. Sampai batas akhir 29 November 2019, ada 292 peserta yang memasukan desain ibu kota negara yang cerdas, hijau, indah, modern dan berkelanjutan.

“Sebanyak 257 karya dari 292 dinyatakan lulus evaluasi administrasi. Selanjutnya pada tahap penjurian 9 sampai 13 Desember dipilih 30 karya melalui mekanisme voting dan tahap akhir dipilih lima karya terbaik melalui sistem penilaian berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan," lanjutnya.

 

Mengutip Jokowi, Basuki mengatakan, pemindahan IKN bukan semata-mata pemindahan lokasi dan bangunan, melainkan juga memindahkan sistem, dan budaya kerja. Ini juga bukan hanya smart city atau compact city, kenyamanan dan humanisme juga harus ada di klaster pemerintahan, klaster pendidikan, riset, dan inovasi, serta klaster finansial.

"Kami mohon maaf kepada yang tidak terpilih dan hal-hal lain yang sekiranya kurang memuaskan dan menyenangkan. Namun keputusan juri tidak bisa diganggu gugat," tambahnya.

Sibarani Sofian selaku perwakilan pemenang juara 1 menjelaskan, desain IKN yang dikerjakan dan diriset bersama 10 orang tim Urban+ terinspirasi dari hutan belantara yang ada di Kalimantan. Sofian mencoba menampilkan konsep ibu kota yang ramah lingkungan namun tetap modern dan berbasis smart city.

“Lokasi ibu kota baru ini sangat berbeda dengan ibu kota di negara-negara lain pasalnya lokasi ibu kota baru mayoritas merupakan hutan,” tambahnya.

Tidak hanya konsep "Nagara Rimba Nusantara", Kementerian PUPR juga menetapkan pemenang kedua yaitu "The Infinite City" Konsepnya adalah elevated city network sebagai bagian dari pelestarian alam Indonesia dengan penekanan pada smart city livingDesain ini merupakan hasil karya Antistatics Architecture berhak mendapatkan piagam penghargaan serta hadiah senilai Rp 1,25 miliar. 

Sementara pemenang ke-3 yakni "Kota Seribu Galur" Konsepnya adalah tenunan keberagaman sebagai perwujudan identitas bangsa Indonesia. Pemenang ketiga ini berhak mendapatkan piagam penghargaan serta hadiah Rp 1 miliar.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments